Contoh Berita Acara

Contoh Berita Acara – Susah membuat berita acara? Tapi, diharuskan menunjukkan bukti otentik dari setiap kegiatan di luar kantor oleh si Bos? Sehingga membuat kamu pusing tuju keliling.

Tenang kita akan memberikan beberapa contoh berita acara yang bisa di jadikan bukti otentik suatu kegiatan. Baik peristiwa, seminar, kepemilikan, hingga jual beli suatu barang. Dengan begitu tugas Anda akan lebih mudah untuk dikerjakan.


Pengertian Teks Berita Acara

Berita acara adalah bukti legal yang berisi pengesahan dan pernyataan dalam suatu acara, peristiwa, serah terima, insiden, transaksi atau jual beli. Berita acara, biasanya difungsikan sebagai bukti legal suatu kejadian tertentu.

Yang mana berita acara akan berfungsi sebagai keabsahan suatu kegiatan yang telah dilakukan. Berita acara juga memiliki peran terpenting dalam masing-masing instansi. Dan dari instansi tersebut akan menggunakan berita acara sebagai bukti otentik suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas, dan si penerima tugas akan membuktikan bahwa ia menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.


Cara Membuat Berita Acara

Contoh Berita Acara

Tidak hanya surat resmi saja yang memiliki cara pembuatannya. Namun, berita acara pun juga memiliki cara terbaiknya. Agar apa yang diberikan dalam informasi sesuai dengan kejadian yang runtut. Untuk itu, berikut adalah cara membuat berita acara yang tepat :

  • Acara kegiatan sebaiknya diberikan secara terperinci sepertipeletakkan nama, tempat tinggal, tanggal lahir, alamat rumah, dan lain-lain berada dalam tara urutan yang tepat. Ini dapat memberikan keabsahan informasi yang ada seperti halnya nomer identitas (KTP, NPWP dan SIM).
  • Urutan waktu kronologi dan latar belakang harus setara dan jelas.
  • Tempat peristiwa perlu dicatat, seperti alamat lengkap, mulai dari kode pos.
  • Adanya tanda tangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam acara.
  • Harus memiliki saksi ketika dibutuhkan untuk keabsahan suatu berita.
  • Memiliki kesepakatan dalam berita acara seperti terima barang, jabatan, dan pekerjaan yang lebih rinci.

Sedikit cara membuat teks berita acara yang harus diketahui. Sebelum membuatnya akan mempermudah kerangka dan kelengkapan informasi. Hal ini, digunakan untuk mengantisipasi berita yang mengandung hoax atau penipuan. Sehingga berita acara yang dibuat memiliki hak tanggung jawab yang besar.


Tentang Surat Berita Acara

Berita acara merupakan surat tertulis yang diberikan kepada semua sasaran pembaca. Sesuai dengan isi berita yang diperbesar luaskan, guna memberikan informasi yang tepat dan benar. Kini, tidak hanya surat resmi yang berkop surat saja yang harus dipahami. Namun, Berita Acara pun juga harus dipahami dengan betul-betul.

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa contoh berita acara yang selalu digunakan oleh instansi atau masyarakat yang memerlukannya. Teks berita acara ini juga memiliki berbagai macam yang akan kita kupas secara detail. Mulai dari tata urutan hingga isi dan penutup.

Contoh Berita Acara yang selalu digunakan adalah berita acara rapat yang mana susunan kalimat harus terstruktur. Sebab, teks berita acara rapat akan diterima oleh berbagai instansi atau pejabat tinggi yang berwenang. Dari sinilah dapat diketahui berbagai perbedaan antara Berita Acara Rapat dengan berita acara yang lainnya.

Berita acara juga bisa digunakan sebagai bukti dari notulen yang diberikan perintah sebagai pelaksanaan pekerjaan. Bukti ini yang akan dijadikan saksi bahwa ia benar-benar melaksanakan tugasnya. Untuk itu Berita Acara akan terlihat sangat penting oleh para instansi perusahaan maupun instansi tinggi lainnya.


Contoh Berita Acara Berdasarkan Jenisnya

Jika dibandingkan Dengan teks lainnya. Berita acara biasanya akan memiliki pola berbeda dan tata urutan yang berbeda pula. Dimana masing-masing teks akan memiliki isi informasi yang beda juga. Sehingga akan ada perbedaan dan macamnya. Berikut macam-macam dari Berita Acara yang ada:


1. Contoh Berita Acara Rapat

Contoh Berita Acara

Berita Acara Rapat
Berita acara rapat adalah suatu catatan dan pernyataan yang mana jalan rapat akan dilakukan hingga selesai sebagai dasar atau dokumen resmi dari isi rapat tersebut.

BERITA ACARA DESA CIMEONG KELURAHAN SIDOREJO
JAWA TENGAH
PROGRAM PENDAMPINGAN

Berkaitan dengan adanya rapat rencana pelaksanaan perbaikan jalan desa Cimeong Kelurahan Sidorejo Jawa Tengah pada :

Hari / Tanggal : Selasa, 23 Mei 2016
Waktu : 09.00 s/d Selesai
Tempat : Desa Cimeong Kelurahan Sidorejo Jawa Tengah.

Materi atau topik yang akan dibahas dan didiskusikan oleh pimpinan rapat pada instansi ini juga mempunyai tugas sebagai mana unsur kepala rapat dan nara sumber adalah :

1. Materi atau topik

2. Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber:

a. Pimpinan Rapat : Bp. Haris Purnomo

b. Sekretaris / Notulis : Ibu. Endang Chumairoh

c. Narasumber:

  • Ridho dari Instansi Ketenagakerjaan
  • Ishadi . dari Depo Bangunan
  • Ruswandi dari Kepala Desa Cimeong

Sesudah dilaksanakan pembahasan dan diskusi terkait materi atau topik diatas berikutnya seluruh peserta akan menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketepatan menjadi keputusan Akhir acara ini, yaitu :

1. Dapat mengetahui sebagaimana pentingnya keamanan di jalan.

2. Mendapatkan bantuan biaya dari Dinas Ketenagakerjaan.

Demikianlah Berita Acara ini dibuat berdasarkan dengan tanggung jawab sepenuhnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cimeong,

 Pemimpin Rapat                                                                                                    Sekretaris

            Haris Purnomo                                                                                               Endang Chumairah

Mengetahui,

Lurah Desa Cimeong


2. Contoh Berita Acara Kejadian

Contoh Berita Acara

Berita Acara Kejadian
Teks berita acara kejadian merupakan susunan acara dari adanya kejadian tertentu. Yang memiliki bukti legal tentang berlangsungnya suatu kejadian. Berita acara kejadian biasanya berupa laporan tentang pencurian, penganiayaan, pemerkosaan dan lain sebagainya.

BERITA ACARA KEJADIAN

Nomor : – / II /BAK /04/ 2017

Pada hari Rabu Tanggal 20 Maret 2017 sekitar pukul 09.00 WIB saya : ……….
Jabatan ………… setelah menerima laporan tentang Seorang Ibu yang dirampok.

Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari seseorang :

Pekerjaan : Penjual Toko Pakaian
Yang melaporkan bahwa telah terjadinya : perampokan
Saya di bantu oleh :——————————–telah menangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa korban / pelapor , keterangan yang diperoleh sbb :
a. Korban :
Nama : Eko Wati
Umur : 23 tahun
Alamat : Jl Mawar no 2
b. Pelaku :
Nama : Tn Z
Umur : 45 tahun
Alamat : perum pondok Asri Kemayoran
c. Saksi :
Nama : Tn Sutrisno
Umur : 43
Alamat : perum pondok Asri Kemayoran
d. Kerugian : Uang sejumlah Rp. 20 juta
e. Barang Bukti : Pisau, KTP, SIM
f. Kronologis Kejadian : eko wati sedang keluar dari bank untuk mengambil sejumlah uang, ketika dia sedang berjalan menuju ke halte ada seorang pria memakai motor kemudian menghampirinya dan kemudian tiba-tiba merampok tas nya kemudian Eko Wati berteriak minta tolong, akhirnya perampok berhasil ditangkap.
g. Tindakan yang diambil : 1. Penangkapan pelaku 2. Pelaporan 3. persidangan

Demikian berita acara pemeriksaan kejadian ini saya buat dengan sebenarnya serta dapat dipertanggungjawabkan atas kebenarannya , kemudian ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Pembuat Berita Acara                                     Mengetahui

                                                                  Fahri Raharjo                                              Priantoro


3. Contoh Berita Acara Kegiatan

Contoh Berita Acara

Berita Acara Kegiatan
Berita acara kegiatan merupakan berita acara yang berisi proses suatu kegiatan baik formal maupun informal. Yang mana laporan tersebut akan menjadi bukti legal berlangsungnya suatu kegiatan. Contoh kegiatan yang memakai berita acara adalah diskusi ilmiah, rapat dan musyawarah.

BERITA ACARA RAPAT

Dalam rangka menyambut ulang tahun perusahaan, maka pada hari ini:

Hari/Tanggal : Kamis 23 Maret 2017
Jam : 08.00 – SELESAI
Tempat : Aula

Akan dilaksanakan Musyawarah dan diskusi rapat bersama yang dihadiri oleh seluruh staff dan karyawan dari instansi, sebagaimana tercantum dalam draf daftar hadir terlampir.

Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber:

Pemimpin Rapat: Sdr./i. Irawan Hakim,
Sekretaris/ Notulis: Sdr./i. Nurul Aminah,
Narasumber : Bondan Prakoso
1. Sdr./i. Farhan
2. Sdr./i. Nurohmah
3. Sdr./i. Ahmad Zaki

Setelah dilakukan diskusi bersama berkaitan dengan acara menyambut milat perusahaan, hasil rapat memutuskan untuk menyertakan beberapa kesepakatan yaitu :

1. Acara makan bersama di gedung aula perusahaan
2. Meresmikan beberapa keputusan rapat sebelumnya
3. Menyepakati hasil kerjasama perusahaan

Demikian berita acara ini dibuat dan disahkan dengan sebaik-baiknya dan bisa di tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, Senin 20 Maret 2017

       Pemimpin Rapat,                                            Notulen/Sekretaris,

  Irawan Hakim                                                  Nurul Aminah

 

Mengetahui dan menyetujui,
Direktur
…………………..


4. Contoh Berita Acara Serah Terima

Contoh Berita Acara

Berita Acara Serah Terima
Serah terima adalah berita acara yang memberikan kelegalannya dalam penerimaan suatu jabatan atau tugas yang berawal dari proses sampai pernyataannya.

PT. Karunia Alam
Jl. Raya Adipati Pangestu. 34 Jakarta 98766
Telp. 08284003858 Fax. 022 7490756 Mobile. 081098621484

SURAT SERAH TERIMA
No. 25/SAS/PKAI/XII/23

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Brian Guntur Aji
Jabatan : Manager PT. Kurnia Alam
NIP : 784736889
Alamat : Jl. Melati Putih No.25 Jakarta
No. KTP/SIM : 31735977459888959096

Sudah melakukan serah terima jabatan selaku Manager PT. Kurnia Alam kepada :

Nama : Nanda Putri
Jabatan : Asisten Manager PT. Kurnia Alam
NIP : 816258490
Alamat : Jl. Pondok Indah 8 No. 12 Jakarta Selatan
No. KTP/SIM : 2458748759870009768

Dalam surat serah terima tugas ini pihak manager sedang melakukan tugas di luar kota dalam beberapa bulan ke depan, untuk itu tugas manager di pindah alih sementara, Demikian berita acara in kami buat untuk bahan dokumentasi perusahaan.

Jakarta 12 Maret 2017


5. Contoh Berita Acara Kehilangan

Contoh Berita Acara

Berita Acara Kehilangan
Berita kehilangan merupakan berita acara suatu insiden kehilangan yang didokumentasikan sebagai bukti legal untuk kasus tertentu. Yang mana fungsi dari berita acara kehilangan ini sebagai bukti kehilangan barang dalam suatu tempat dan kesaksian dari adanya kehilangan tersebut.

PT. Lima Pilar
Jl. Kalimutu No. 56 Riau
Telp. 081095824777 Fax. 0128321047389
=======================================
SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari ini, Rabu, 17 Juli 2017 , bertempat di Riau, oleh saya :

Nama : Maria Safitri
Jabatan : Managemen
Departemen : General Manager

Dengan ini menyatakan dengan sejujur-jujurnya bahwa ada beberapa unit elektronik yang hilang dari kepemilikan perusahaan dengan rincian sebagai berikut :

Jenis Barang : LCD Dan Laptop
Merek Barang : Canon dan Asus
Tipe : KJ24KJI-SX7OPI
Nomor Aset : 07/PT-SS/INV-M/09/17

Yang telah hilang pada hari Jumat, 12 Juli 2017 di dalam ruangan berkas lantai 2 pada pukul 11.00 WIB. Demikian surat berita acara keterangan hilang ini saya buat dengan sejujur-jujurnya tanpa rekayasa.
Riau, 17 Juli 2017


6. Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

Contoh Berita Acara

Berita Acara Kerusakan Barang
Berita kerusakan adalah berita acara tentang suatu kerusakan barang pada di tempat tertentu sebagai bukti kejadian yang ada.

BERITA ACARA KERUSAKAN PRINTER DAN KOMPUTER SD BANJAR 01
NO.005/SK/KBJ/GST-MTX/VI/2016

pada hari ini , jum’at tanggal 3 Juni 2017 menerangkan bahwa beberapa unit Komputer dan Printer yang dimiliki berupa :

Nama Unit : UPS
No Komputer : GST/JKT/1378/076B
No Merek : CANON
Kerusakan saat ini : baterai mengalami kerusakan
Penyebab kerusakan : baterai menggembung dan CPU terasa panas

Dibuat berita acara kerusakan pada printer perusahaan , yang telah di periksa oleh bagian pemrograman dan KTU. di ketahui bahwa Baterai UPS mengembung yang disebabkan kelebihan daya pemakaian dan tidak bisa di pakai lagi.

Demikian berita acara yang kami buat sebagai bukti kerusakan barang dengan sebenarnya agar dapat di ketahui bersama.

SD Banjar 01 3 Juni 2016

Mengetahui                                                  Diperiksa

Rasasti (Esatate Manajer)                        Tino Budi Saputra (Asekp)

Dibuat Oleh

Anjali (KTU)


7. Contoh Berita Acara Bencana Alam

Contoh Berita Acara

Berita Acara Bencana Alam
Berita bencana adalah pelaporan suatu kejadian yang telah terjadi. Dengan adanya kerusakan yang sangat parah. Yang mana para korban membutuhkan pertolongan. Agar kerugian yang diderita oleh korban dapat diemban secara kemanusiaan.

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP
Jln. Adi Sucipto Nomor 3 Tlp.0228366489
=====================================
Nomor :
Sifat :
Lampiran :
Perihal : Laporan Bencana Alam
Kepada
Yth. Bupati Cilacap
Di tempat

Dengan ini kami laporkan bahwa Pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2016 , di Desa Cimahi, Kabupaten Cilacap, telah terjadi bencana alam hujan badai yang mengakibatkan beberapa bangunan rumah rusak dan salah satunya bangunan milik Bp. Rusman rusak tertimpa pohon. Jumlah keluarga korban sebanyak 4 orang dan tidak ada korban jiwa hanya saja luka-luka.

Harapan kami kiranya Bapak dapat membantu untuk meringankan beban yang dialami oleh keluarga korban.
Demikian pernyataan ini disampaikan dan atas perhatian Bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.

Camat , 12 Agustus 2016
………………………
Nip 197656483465745487

Tembusan kepada Yth:
1. Kepala Badan Penanggulangan
Bencana Daerah Kabupaten Cilacap
2. Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja
Dan Transmigrasi Kabupaten Cilacap


8. Contoh Berita Acara Jual Beli

Contoh Berita Acara

Berita Acara Jual Beli
Berita acara jual beli merupakan berita acara yang berisi tentang kegiatan dari transaksi si penjual kepada pembeli sebagai bukti legal yang dapat di pertanggungjawabkan keabsahannya.

BERITA ACARA JUAL BELI BANGUNAN TANAH

Yang bertanda tangan dibawah ini : Pihak pertama.

1.Nama : M. ILHAM RAMADHAN
2. Umur : 45 Tahun
3. Pekerjaan : Wiraswasta
4. Alamat : Jl. Adipati Bandung Barat

Selanjutnya Pihak pertama telah bersedia menjual tanah yang terletak di jalan Panglima. Komplek Perumahan Candi Asri. Dengan ukuran Panjang : 40 Meter Lebar : 25 Meter Luas : 1000 M. Dengan kondisi rumah yang strategis

Pihak ke II.

1. Nama : Amar Makruf
2. Umur : 54 Tahun
3. Pekerjaan : Swasta
4. Alamat : Jl. Tambora perum Candi Asri

Selanjutnya pada pihak ke II telah membayar lunas harga tanah tersebut sebesar Rp. 45.000.000,-(Empat Puluh Lima Juta Rupiah) kepada pihak ke I. Demikianlah berita acara jual beli tanah yang dilakukan oleh dua belah Pihak tersebut dengan pembuktian tanda tangan dan surat perjanjian.

12 Mei 2017

             Pihak ke I                                               Pihak ke II

   M Ilham Ramadhan                                     Amar Makruf
SAKSI

Rani, Purnomo, Siahaan


9. Contoh Berita Acara Negosiasi Harga

Contoh Berita Acara

Berita Acara Negosiasi Harga
Bukti acara negosiasi adalah suatu bukti acara yang mana harga dari produsen dapat dinegosiasi sesuai dengan kesepakatan antara dua belah pihak. Yang mana telah masuk dalam rangka promosi suatu barang atau sebagai sistem kerja sama antar perusahaan.

PT INDO SEJAHTERA
KECAMATAN Wanareja
Jln. Jend Surdirman Nomor 5 Tlp.02286050445
=====================================
Nomor :
Sifat :
Lampiran :
Perihal : Negosiasi harga bahan bangunan
Kepada
Yth. Direktur PT Semen Tiga Roda
Di tempat

Kami adalah dari perusahaan yang bergerak dalam bidang Konstruksi khususnya dalam pengembangan konstruksi proyek yang akan kami jalani. Guna mempercepat jam kerja dan target yang ditentukan.

Kami berkeinginan untuk bernegosiasi dengan harga bahan bangunan pada perusahaan yang anda pimpin. Perusahaan kami ingin membeli bahan bangunan dengan jumlah yang teramat besar pada perusahaan Bapak/Ibu.

Dari sini Besar harapan kami untuk dapat kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu, atas perhatian dan kerjasama nya kami ucapkan banyak Terima Kasih.

Demikian Laporan ini disampaikan dan atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih dan semoga menjadi pertimbangan.

17 Agustus 2016
………………………
Nip 197656489898564051


10. Contoh Berita Acara Pemeriksaan

Contoh Berita Acara

Berita Acara Pemeriksaan
Berita acara pemeriksaan, sebagai bukti adanya acara yang berisi suatu dokumen pemeriksaan petugas dengan adanya pelaku suatu insiden yang terjadi.

Contoh Berita Acara Pemeriksaan

POLRI KOTA BESAR JAWA TENGAH
SEKTOR KOTA TEMANGGUNG
BERITA ACARA PEMERIKSAAN
SAKSI

Pada hari ini Rabu 5 Februari 2015 sekira jam 15.00 Wib, Saya :

Intan Nuraini, SH

Pangkat AIPDA Nrp 12040323 sebagai Penyidik pembantu polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Jateng No.Pol.: Skep / 148 / VI / 2015, tanggal 5 Maret 2015 sudah menjalankan Pemeriksaan kepada seorang wanita yang tidak dikenal bernama :

Dinda Sintiya binti Darwono

Tempat tanggal lahir Temanggung / 29 Januari 1989, Umur 26 Tahun, Agama Islam , Kewarganegaraan Indonesia, Pekerjaan PNS, Alamat Jl.Sri Sultan No.02 Temanggung Jawa Tengah Nomor Hp. ———————————————

Atas pertanyaan–pertanyaan pada pemeriksa yang diperiksa memberikan keterangan dan jawaban sebagai berikut ini :

PERTANYAAN JAWABAN

1. Apakah Saudari siap menjalankan pemeriksaan dan memberikan penjelasan secara detail dan terbukti kebenarannya?
1. Saya siap memberikan jawaban atas pertanyaan yang Anda berikan kepada saya dengan sejujurnya.

2. Bagaimana motif kejahatan yang Anda terima dari perampok tersebut, dan apakah saudari kenal dengan pelaku perampokan tersebut?
2. Motif kejahatan yang saya terima mereka menyodorkan senjata tajam ke wajah saya dan mengancam. Untuk pengenalan perampok saya tidak kenal dengan perampok tersebut, hanya saja salah satu dari mereka ada yang menyebut Anton.

3. Dimana kejahatan yang Anda terima siang itu dan apa yang berhasil mereka dapatkan dari Anda?
3. Kejadiannya pada siang hari di dekat Warung Makan Padang. Mereka berhasil membawa perhiasan, uang puluhan juta dan handphone saya.

5. Dengan barang apa laki-laki tersebut melakukan perampokan kepada Saudara, Jelaskan?
5. Saya dirampok dengan cara diancam menggunakan pisau (senjata tajam) jika tidak memberikan tas saya-

6. Apakah ada yang membantu Anda ketika kejadian perampokan yang menimpa Anda siang itu, jelaskan?
6 Ada, tetapi mereka yang akan membantu saya juga ikut diancam. Dan seketika salah satu dari warga ada yang melapor polisi.

Yang diperiksa

Dinda Sintia Binti Darwono

Demikian Berita Acara Pemeriksaan ini di buat dengan apa adanya dan lengkap dengan kekuatan sumpah jabatan yang dilakukan sekarang ini , Lalu ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal tersebut diatas.

Penyidik Pembantu
Intan Nuraini, SH
AIPDA NRP 040248986598


11. Contoh Surat Berita Acara Seminar

Contoh Berita Acara

Surat Berita Acara Seminar
Berita acara seminar adalah suatu kegiatan yang dijadikan bukti sebagai perusahaan yang mungkin mengikuti kegiatan seminar. Dan kegiatan tersebut memang benar-benar dilakukan. Oleh instansi pemerintah, lembaga, maupun organisasi.

Rabu, 10 Januari 2018 telah diadakan Seminar di Graha Bumi Phala. Seminar ini mengangkat materi dengan Judul “Atasi Narkoba Pada Anak Usia Dini”. Seminar ini diikuti oleh umum. Dan saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Putri Kusuma
Jabatan : Ketua Panitia

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 1

Nama : Galang Putra
Jabatan : Pembicara

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 2.

Dengan ini menyatakan bahwa pada hari Rabu, 10 Januari 2018 di Grahha Bumi Phala telah dilaksanakan suatu kegiatan Seminar Internasional dengan PIHAK 2 selaku pembicara.

Demikianlah Berita Acara Laporan Kegiatan ini dibuat dengan sebenar-benarnya.
Jawa Tengah, 10 Januari 2018

   Pihak Pertama,                               Pihak Kedua,

Putri Kusuma                                Galang Putra


Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Jika yang akan dibahas adalah berita acara. Tapi sebelumnya kita akan membahas mengenai apa itu berita. Agar lebih jelasnya pengertian dari berita adalah suatu informasi yang digambarkan sebagai laporan yang berupa fakta-fakta dari adanya suatu peristiwa. Dengan adanya hal tersebut arti dari berita memiliki pengertian yang berbeda menurut para ahlinya. Untuk itu berikut akan dijelaskan arti berita dari para ahli :

1. Charles A. Dana

Pengertian berita menurut Charles A. Dana adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai dari kemenarikannya bagi para pembaca. Sedangkan berita acara merupakan laporan suatu peristiwa yang terbukti keabsahannya.

2. Neil McNeil

Neil McNeil memberikan pengertian berita berupa gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan pusat perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar. Yang mana kelanjutan dari berita tersebut akan terbukti informasinya.

3. Catledge Turner

Pengertian berita menurut Carledge Turner adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin. Secara langsung, dan dapat diketahui pada hari berikutnya dengan ditandai sebuah fakta yang tepat dan terperinci.

4. Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979)

Arti berita atau news menurut Oxford Paperback Dictionary dapat diartikan tentang peristiwa terbaru. Yang menyajikan susunan data secara runtut dan terbukti keasliannya.

5. William S. Maulsby

William S. Maulsby memberikan arti berita berupa sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak pada siapapun dan juga dari fakta yang memiliki arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

6. Romli (2005:3)

Berita menurut Romli, arti berita yang menyajikan peristiwa utama sebuah media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita lalu menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan atau notulen dari salah satu instansi dari bagian redaksi sebuah penerbitan pers.

7. Suhandang

Berita atau laporan menurut Suhandang adalah pemberitahuan tentang segala peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak. Sesuai dengan aturan terperinci dari peristiwa tersebut.

8. Menurut Kamus Komunikasi

Menurut Kamus Komunikasi adalah suatu laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru saja terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa; surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran. Yang mana siaran tersebut sesuai dengan fakta-fakta yang ada secara tertulis dan terperinci.

Berbeda dari beberapa ahli yang mendefinisikan sebuah berita. Maka dari itu, akan di dapatkan peran dalam hal Berita Acara yang nantinya akan digunakan sebagai penyelesaian suatu peristiwa yang tercatat secara detail atau terperinci.


Nah itulah beberapa contoh berita acara yang baik dan benar. Mulai dari contoh berita acara rapat, contoh berita acara kejadian, contoh berita acara serah terima, contoh berita acara kerusakan barang, contoh berita acara kehilangan, contoh berita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima jabatan, contoh berita acara kehilangan dokumen, contoh berita acara kegiatan sekolah, contoh berita acara pemeriksaan, dll. Yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk tugas maupun yang ingin mengajukan berita acara.

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Berita Acara

Setiap kegiatan yang diberikan, tentu harus bisa dipertanggungjawabkan kepada atasan. Dengan bukti penanggung jawaban itu, setiap penerima tugas akan membuat berita acara yang berisikan keterangan yang menjelaskan mengenai apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut.

Surat berita acara tersebut nantinya akan diberikan pada atasan sebagai bukti pelaksanaan pekerjaan yang diberikan. Untuk membuatnya, seseorang harus dengan bahasa sopan dan rapi. Sebab, berita acara adalah fungsi terpenting dalam adanya suatu kegiatan di luar pekerjaan yang harus diikuti. Sebagai bukti valid mengenai sebuah acara.

Untuk itu, banyak sekali yang mencari contoh berita acara sebagai pedoman dan referensi mereka. Dalam pembuatan berita acara yang sesuai dengan struktur pembuatannya. Cara pembuatan  berita acara ini memang tidak gampang dan semudah yang dilakukan banyak orang karena memang dalam penyajiannya tidak untuk umum melainkan orang-orang khusus yang melakukannya.

Namun lain halnya jika kita memiliki pekerjaan atau suatu tugas dan harus segera disetorkan ke atasan kita, maka berita ini sangat diperlukan. Di mata pelajaran bahasa Indonesia biasanya di ajarkan kepada para siswanya guna menambah pengetahuan saat sudah terjun di masyarakat.

Contoh Berita Acara