Contoh Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan – Pernyataan bisa dilakukan secara lisan maupun non lisan atau tertulis. Pernyataan yang diberikan secara lisan sering kali sulit untuk diingat dengan secara rinci.

Dalam bentuknya jika disebutkan secara lisan, pernyataan sulit untuk dapat dibuktikan kecuali bila ada saksi. Untuk lebih jelas sebaiknya perhatikan contoh surat pernyataan dari beberapa fungsi.

Selain itu, pernyataan akan memuat dalam beberapa aspek sekaligus, dan bila dijelaskan secara lisan akan menyulitkan pihak-pihak untuk memeriksa kembali saat dibutuhkan.Pernyataan yang tertulis inilah sering disebut dengan surat pernyataan.

Mempunyai fungsi sama dengan pernyataan yang dilakukan secara lisan,  pernyataan secara tertulis memudahkan seseorang untuk mengingat elemen-elemen saat dinyatakan. Selain itu, dalam hal pembuktian hukum dengan menggunakan surat pernyataan lebih mudah dibandingkan dengan pernyataan secara lisan.


Pengertian Surat Pernyataan

Yang disebut dengan surat pernyataan ialah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang berisi pernyataan terkait dirinya ataupun menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah maupun tidak pernah melakukan sesuatu.

Pengertian lain juga menyebutkan bahwa surat pernyataan adalah pernyataan tertulis yang menyatakan kesediaan / kesanggupan seseorang ataupun kelompok untuk menanggung segala risiko yang telah berkaitan dengannya.

Dalam surat pernyataan yang menyangkut aspek legal hukum harus di tulis di kertas segel atau kertas yang telah di bubuhi materai. Dengan hal itu pula telah terkandung pengertian bahwa surat pernyataan akan menyangkut aspek hukum yang di buat oleh seseorang sesuai umur, bilamana mampu dijerat dengan pasal-pasal yang berlaku.


Tujuan Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan

Tujuan ditulisnya sebuah surat pernyataan tentu sangat banyak sekali dalam penggunaannya. Baik sebagai bentuk dokumen resmi maupun tidak resmi. Berikut ini tiga tujuan ditulisnya sebuah surat pernyataan :

1. Tujuan Surat Pernyataan Dalam Kehidupan Sehari

Di kehidupan sehari-hari surat pernyataan sering kali dibuat oleh seseorang untuk dapat melengkapi surat lainnya. Sebagai contoh saat melamar sebuah pekerjaan, seseorang akan membuat surat pernyataan sebagai  pelengkap surat lamaran pekerjaan. Selain itu juga dapat digunakan untuk keperluan setelah melewati masa pendidikan atau bekerja di suatu instansi tertentu.

2. Tujuan Surat Pernyataan Dalam Urusan Dinas

Dalam suatu urusan kedinasan sering kali juga memerlukan surat pernyataan. Sebagai contoh misal seseorang direktur atau pemimpin sebuah perusahaan sering kali membuat surat pernyataan yang isinya menerangkan terkait anak buah ataupun bawahannya. Surat pernyataan dinas ini memiliki  bentuk, fungsi, dan juga penyusunan yang tak jauh berbeda dengan format surat keterangan.

3.Tujuan Surat Pernyataan Dalam Sebuah Lembaga

Selain untuk urusan dinas, tak jarang sebuah lembaga yang akan menyeleksi pegawai baru membutuhkan surat pernyataan. Dalam hal ini, alangkah baiknya sebuah lembaga menyediakan sebuah blangko surat untuk dapat diisi oleh para peserta sebagai suatu persyaratan. Pembuatan surat pernyataan berbentuk blangko akan lebih memudahkan penyeleksian isi surat yang masuk karena seluruh formatnya sama.


Contoh Jenis-Jenis Surat Pernyataan

Dibawah ada beberapa contoh dari surat pernyataan yang bisa dipelajari dan dijadikan referensi bagi yang memerlukan surat pernyataan ini.


1. Contoh Surat Pernyataan Diri

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Diri
Dalam surat pernyataan ini menyatakan diri secara pribadi.  Biasanya dalam surat pernyataan diri biasa digunakan untuk mendaftar sekolah, melamar pekerjaan maupun lain sebagainya.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rudi

Alamat: Karang Asem

No KTP: 357990976899

dengan ini menyatakan bahwa saya:

1. Sama sekali tidak pernah terlibat penggunaan narkotika atau zat adiktif lain.

2. Sama sekali tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika.

3. Tidak pernah  diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.

4. Tidak terlibat  aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya  buat dengan sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Pelayaran . Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.

Yogyakarta, 12 Oktober 2015

Rudy

(tanda tangan di atas Materai):


2. Contoh Surat Pernyataan Hutang

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Hutang
Pada surat pernyataan hutang merupakan surat yang berisi pernyataan untuk menyelesaikan kewajiban hutang. Biasanya dalam surat ini juga dijelaskan mengenai jumlah hutang dan kapan hutang akan dilunasi.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rudy
No. KTP : 7654383872772112
Alamat : Jalan Mangi 67 Surakarta

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, pada tanggal 27 April 2017 saya telah meminjam uang kepada saudara Abdul Rosyid sebesar Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah) dan berjanji  mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 28 Juni 2017;
  2. Bahwa, jika pada saat tanggal jatuh tempo tersebut saya belum mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Abdul Kodir;
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Abdul Rosyid supaya diberi perpanjangan waktu untuk dapat melunasi pinjaman hutang saya. Batas waktu untuk 60 (enam puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 27 Agustus 2017;
  4. Bahwa, jika saya tidak bisa melunasi pinjaman  sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan hal tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya unsur paksaan maupun tekanan dari berbagai pihak.

Medan, 17 Juni 207
Ttd

Irwansyah:


3. Contoh Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Kepemilikan Harta
Mengenai surat pernyataan kepemilikan harta itu isinya yaitu pernyataan kepemilikan harta tertentu. Surat pernyataan ini sering sekali diperlukan saat mengurus pajak ataupun amnesty pajak.

SURAT PENGAKUAN KEPEMILIKAN HARTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Rudy

NPWP : 11.222.33346786449

NIK : 3333344444444

Alamat : Jalan Gatot No 64 Semarang

Dengan ini menyatakan bahwa :
Atas Tanah dan Bangunan seluas 1000 m2 (seribu meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik / Hak Guna Bangunan *) Nomor 88 yang terletak di Jl. Surabaya No. 34, Jakarta

Adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini  saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Semarang, 3 Desember 2017
Yang menyatakan,
Meterai 6000,-
Rudy
NPWP: 11.222.33346786449:


4. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Kesanggupan
Berikut ini contoh surat pernyataan kesanggupan membayar uang kuliah tunggal (UKT). UKT merupakan uang kuliah tunggal yang harus dibayar tiap semester oleh mahasiswa dan telah di subsidi oleh pemerintah.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR
UANG KULIAH TUNGGAL (UKT ) TAHUN AKADEMIK 2016-2017
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama Orang Tua/Wali : Rudy Kusuma
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat :Jalan Triunojoyo 13 Madura

No.Telp./HP :08111111199999

Adalah Orang Tua /Wali Calon Mahasiswa/i,

N a m a : Retno
Nomor Tes : D123456
No.Telp./HP Mhs/I : 0897999999999
Program Studi Pilihan : Kedokteran
Jalur Seleksi : Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk mendukung kelangsungan operasional pembinaan serta untuk  peningkatan mutu akademik serta jaminan kepastian ketertiban administrasi berkaitan dengan mekanisme pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diberlakukan di Universitas Airlangga. Maka dengan ini saya menyatakan, jika anak saya diterima di Universitas Airlangga,  saya akan sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan secara tunai pada saat registrasi dan di setiap awal semester.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan semestinya, secara sadar, penuh tanggung jawab  dan tanpa paksaan berbagai pihak

Madura, 7 Juli 2017
Yang membuat pernyataan
Orang Tua/Wali

(Rudy Kusuma):


5. Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Bebas Narkoba
Pada contoh surat pernyataan bebas narkoba dibutuhkan oleh seseorang  yang sedang melamar kerja ataupun untuk kebutuhan lainnya. Surat pernyataan bebas narkoba juga dapat dibuat oleh diri sendiri. Jadi ini berbeda dengan surat keterangan bebas narkoba yang umumnya telah dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau kepolisian.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ida Yulida
Tempat dan tanggal lahir: Bekasi, 4 November 1997
Agama : Islam
Alamat : Jl. Wolter Monginsidi No 48 Bekasi

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

Tidak pernah terlibat kasus narkoba maupun terlibat  menggunakan narkoba dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat, dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia untuk menerima segala tindakan ataupun  sanksi jika kemudian hari saya terbukti memakai atau terlibat narkoba.

Bekasi, 1 Februari 2016
Yang membuat pernyataan,

Ida Yulian (Tandan tangan dan materai):


6. Contoh Surat Pernyataan Kelakuan Baik

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Kelakuan Baik
Pernyataan kelakuan baik  dibutuhkan pada saat melamar kerja, mendaftar sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, ataupun digunakan untuk pindah ke tempat baru. Surat Pernyataan Kelakuan baik ditulis oleh pribadi bukan instansi.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama : Ahmad Kodir
Tempat dan tanggal lahir :Sumedang, 29 Juli 1997
Agama : Islam
Alamat : Jalan Gatot Subroto No 78 Sumedang

dengan ini menyatakan:
1. Tidak pernah tertera melakukan suatu tindak kriminal.
2. Tidak pernah memperoleh hukuman penjara yang disebabkan karena perbuatan melanggar yang hukum.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan secara tidak hormat saat bekerja.

Demikian surat pernyataan kelakuan baik ini saya buat dengan benar. Dan jika kemudian hari, terdapat pernyataan yang tidak benar dari pernyataan tersebut, saya bersedia menerima segala konsekuensinya.

Sumedang,  1 Desember 2015
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
Ahmad Kodir:


7. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Belum Menikah
Pada surat pernyataan belum menikah, biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti pada saat akan melamar pekerjaan maupun untuk kepentingan yang lainnya. Surat ini dibuat oleh diri sendiri bukan orang lain.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Gunawan
Jenis Kelamin: Laki-laki
Tempat/ Tanggal Lahir: Padang, 4 Maret 1998
Agama: Islam
Warga Negara: Indonesia
Alamat: Jalan Pahlawan No 4 Padang

Menyatakan bahwa hingga saat ini, saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum agama, atau pun hukum Negara dan dengan demikian masih benar-benar lajang.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Jika surat pernyataan ini tidak sesuai, dengan ini maka saya bersedia untuk dituntut sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.

Padang, 1 Maret 2017

Budi Gunawan:


8. Contoh Surat Pernyataan Sekolah

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Sekolah
Pada contoh di bawah ini merupakan bentuk surat resmi keterangan sekolah tersebut. Dibuat dengan kop surat sekolah, dan terdapat nomer surat yang berarti surat tersebut tercatat secara resmi di bagian tata usaha (TU) sekolah).

Berikut ini  contoh surat keterangan dari sekolah itu yaitu :

KOP SURAT
SURAT KETERANGAN
NO. : B.11-00056/TU/KET/IV/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sri Kulastmi, Mpd
Jabatan : Kepala Sekolah
NIK : 777766665554444

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Amin Hermansyah
Nama Ayah : Ismail Habibi
Alamat : Jalan Jambu Mente No 14 Bali

Adalah benar-benar siswa kelas 8A SMAN 4 Bali

Demikian surat keterangan dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bali, 16 April 2015
Hormat kami,
Kepala Sekolah

Wahyuningsih, Mpd
NIK: 777766665554444:


9. Contoh Surat Pernyataan CPNS

Contoh Surat Pernyataan

Surat Pernyataan CPNS
Sesuai dengan namanya, biasanya surat pernyataan ini dibuat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Surat ini digunakan sebagai kelengkapan pada saat seseorang diterima sebagai CPNS. Di bawah ini contoh surat pernyataan tersebut. Dapat menggunakan referensi ini jika ingin membuat surat pernyataan untuk masuk CPNS.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Alifah Septia
Tempat dan Tanggal Lahir : Denpasar, 29 Agustus 1992
Agama : Islam
Alamat : Jalan Ngurah Rai 231 Denpasar

Dengan ini menyatakan bahwa :

1. Tidak pernah melakukan melakukan tindak pidana kejahatan yang menyebabkan dihukum penjara ataupun kurungan berdasar putusan Pengadilan yang memiliki kekuatan hukum.

2. Tidak pernah diberhentikan secara  hormat  atas permintaan sendiri maupun orang lain  sebagai Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI dan POLRI ataupun  diberhentikan dengan secara tidak hormat sebagai Pegawai Swasta.

3. Sedang tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri Sipil.

4. Bersedia  untuk ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara yang ditentukan oleh Pemerintah.

5. Tidak sedang menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik.

6. Bersedia untuk tidak pindah lokasi penempatan kerja sebelum masa kerja selesai yaitu minimal selama 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia untuk dituntut di muka pengadilan dan bersedia menerima segala konsekuensi apabila di kemudian hari terbukti pernyataan yang saya buat ini tidak benar.

Denpasar, 25 Juli 2016
Yang membuat pernyataan,

(materai)
Alifah Septia:


Manfaat Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan

Selain fungsi, sebuah surat pernyataan yang telah dibuat tentu juga memiliki manfaat. Manfaat tersebut dirasakan oleh orang-orang yang berinteraksi secara penuh dengan surat tersebut. Berikut ini tiga manfaat surat pernyataan yang telah dibuat :

1. Bagi Si Penerima

Sebuah surat pernyataan dimanfaatkan sebagai alat bukti meminta pertanggungjawaban. Bukti ini sangat kuat sebagai tuntutan apabila di kemudian hari pihak yang menulis tidak menempati, atau apabila yang dinyatakannya si penulis ternyata tidak benar dan tidak sesuai dengan yang dinyatakan.

2. Bagi Si Pembuat

Sebuah surat pernyataan bermanfaat sebagai alat bukti penguat untuk diakui pihak lain yang digunakan oleh si pembuat. Penulis juga dapat menegaskan bahwa dirinya adalah benar seperti apa yang telah dinyatakan dalam surat. Oleh sebab itu, dalam surat lamaran pekerjaan bagi yang mendaftar pegawai negeri, biasanya juga dilampiri surat pernyataan.

3. Bagi Pihak Yang Dinyatakan

Selain bermanfaat bagi pembuat dan penerima, surat pernyataan juga bermanfaat untuk seseorang yang dinyatakan dalam surat tersebut. Manfaatnya yaitu dapat digunakan sebagai alat pengukuhan atau penguat keadaan pihak yang telah dinyatakan. Keterangan dapat berupa keadaan positif ataupun negatif. Manfaat ini digunakan jika surat pernyataan dibuat oleh pihak lain.


Ciri-Ciri Surat Pernyataan

Dalam membuat sebuah surat pernyataan, terdapat beberapa ciri yang dimiliki. Ciri tersebut melekat pada surat pernyataan sehingga membedakannya dari jenis surat lainnya. Berikut ini lima ciri-ciri sebuah surat pernyataan :

1. Bahasa Yang Digunakan

Dalam penggunaan bahasa dalam sebuah surat pernyataan adalah bahasa resm Hukum

Surat Pernyataan memiliki legalitas atau aspek hukum yang cukup kuat. Jika terkait dengan aspek hukumnya, maka sebuah surat pertanyaan harus di tulis di atas kertas resmi yang bersegel. Jika memang tidak disediakan maka dapat juga di tulis di atas kertas biasa tetapi dibubuhi materai dan tanda tangan resmi.

3. Gunakan Kata Denotatif

Dalam menulis surat pernyataan sebaiknya menggunakan kata yang bermakna denotasi. Artinya dalam sebuah surat pernyataan isinya harus jelas, tidak boleh bersayap. Hindari penggunaan kata yang bermakna konotasi atau ambigu, bilamana siapapun yang membaca surat pernyataan ini dapat menangkap maksudnya tanpa adanya penafsiran yang berbeda.

4. Kelengkapan Data Yang Tercantum

Dalam sebuah surat pernyataan yang juga perlu di perhatikan adalah terkait kelengkapan data.  Surat pernyataan yang dibuat untuk menyatakan diri sendiri maupun pihak lain tetap harus menyantumkan data pribadi. Data tersebut, meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, serta pekerjaan.

5. Isi Disampaikan Dengan Jelas

Sebuah surat pernyataan harus ditulis sesuai dengan tujuan dan isinya juga demikian. Jika surat pernyataan untuk menyatakan dirinya telah berpengalaman kerja, maka cantumkan isinya dalam beberapa list pengalaman kerja. Isi dalam sebuah surat pernyataan harus disampaikan dengan jelas dan dapat dipahami oleh seluruh pihak yang terkait.


Fungsi Surat Pernyataan

Pada dasarnya, surat pernyataan yang dibuat secara tertulis ini berfungsi agar semua pihak yang terkait dapat melihat dan juga menjadikan surat pernyataan ini sebagai pegangan. Sehingga pada kemudian hari jika terdapat hal yang tak sesuai dengan isi surat pernyataan yang dibuat , maka surat tersebut bisa dijadikan sebagai dokumen pengingat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 fungsi surat pernyataan :

1. Sebagai Deklarasi

Surat pernyataan yang dibuat seseorang berfungsi sebagai deklarasi. Deklarasi ini bermakna untuk melakukan atau tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan yang dituangkan dalam surat pernyataan yang telah dibuat

2. Sebagai Pengingat

Surat pernyataan yang dibuat juga berfungsi sebagai pengingat. Artinya surat ini di buat untuk mengingatkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat melaksanakan ataupun mengingatkan terkait isi surat pernyataan yang tercantum.

3. Sebagai Dokumen Pendukung

Surat pernyataan yang dibuat juga berfungsi sebagai dokumen pendukung atau pelengkap. Bilamana suatu saat surat pernyataan ini dibutuhkan untuk melakukan sebuah pengurusan.

4. Sebagai Dokumen Pendukung Resmi

Selain dapat berfungsi sebagai dokumen pendukung atau pelengkap dalam melakukan sebuah pengurusan.  Surat pernyataan juga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung bilamana telah terjadi pelanggaran atau  timbul adanya ketidaksesuaian antara isi surat pernyataan dengan yang terjadi secara nyata.


Jenis Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan

Sebagai keterangan, surat pernyataan sering kali digunakan dalam berbagai bentuk dan kebutuhan. Beberapa hal berikut ini adalah contoh penggunaan surat pernyataan. Berdasarkan jenisnya berikut adalah contoh surat pernyataan :

 1. Surat Pernyataan Diri

Surat pernyaatan diri digunakan untuk dapat menerangkan keterangan diri. Surat ini akan menjelaskan kondisi individu ataupun menerangkan hal yang sekiranya perlu disampaikan kepada pihak-pihak tertentu.

2. Surat Pernyataan Hutang

Surat Pernyataan ini digunakan untuk dapat menunjukkan bahwa seseorang dalam kondisi memiliki hutang kepada pihak lain. Pernyataan seperti ini sebenarnya bersifat pengakuan sehingga lebih mempunyai kekuatan hukum yang kuat.

3. Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan jenis ini dapat digunakan untuk dapat mengikat seseorang dalam kondisi tertentu. Untuk jenis surat pernyataan  ini bentuknya bermacam-macam. Seperti contoh surat pernyataan kesanggupan untuk dapat mentaati peraturan sekolah ataupun tempat kerja, surat pernyataan kesanggupan akan membayar UKT, dan lainnya. Jadi intinya surat ini berisi tentang kesanggupan seseorang untuk dapat melakukan sesuatu.

4. Surat Pernyataan Kerja

Surat pernyataan  yang satu ini menyatakan bahwa seseorang tengah bertugas atau telah sibuk dalam suatu pekerjaan. Bentuk surat ini digunakan untuk menjelaskan kondisi pekerjaan. Selain itu, dalam beberapa kebutuhan yang lain pernyataan ini juga digunakan untuk menyatakan kesanggupan mengerjakan sesuatu.

5. Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

Pada surat pernyataan terkait kepemilikan harta isinya yaitu pernyataan kepemilikan pada harta tertentu. Surat jugs ini sering diperlukan pada saat mengurus pajak ataupun amnesty pajak.

6. Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Biasanya surat pernyataan bebas narkoba sering kali dibutuhkan bagi seseorang yang sedang melamar kerja ataupun untuk kebutuhan  yang lainnya. Surat pernyataan bahwa kita telah bebas narkoba ini juga dapat dibuat sendiri. Sehingga akan berbeda dengan surat keterangan bebas narkoba pada umumnya dikeluarkan oleh pihak rumah sakit ataupun kepolisian setempat.

7. Surat Pernyataan Kelakuan Baik

Istilah surat pernyataan kelakuan baik ini hampir disamakan dengan surat keterangan baik. Bedanya adalah jika untuk surat pernyataan kelakuan baik dapat dibuat oleh diri sendiri, sementara jika untuk surat keterangan kelakuan baik dikeluarkan oleh pihak tertentu, seperti pihak kepolisian, kepala desa, sekolah, atau atasan tempat sebelumnya bekerja.

8. Surat Pernyataan Belum Menikah

Pada surat pernyataan belum menikah digunakan untuk berbagai keperluan. Kadang pada surat pernyataan belum menikah dicampuradukkan istilahnya dengan surat keterangan belum menikah. Sebenarnya tidak sama, jika surat pernyataan belum menikah dapat dibuat sendiri, sedangkan untuk surat keterangan belum menikah dibuat oleh pihak di luar diri sendiri. Seperti oleh Kantor Urusan Agama (KUA), pihak kelurahan/desa, ataupun  RT setempat.

9. Surat Pernyataan Sekolah

Sekolah ataupun lembaga pendidikan juga sering mengeluarkan surat pernyataan sekolah. Biasanya hal ini  akan berkaitan dengan keterangan terhadap siswa/siswi. Lebih tepatnya adalah surat keterangan sekolah, karena dalam surat ini dikeluarkan oleh pihak sekolah untuk menerangkan keadaan ataupun status seorang siswa. Sementara untuk istilah surat pernyataan sebenarnya dibuat oleh diri siswa sendiri.

10. Surat Pernyataan CPNS

Sesuai dengan namanya, surat pernyataan ini dibuat dan ditulis oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Biasanya akan digunakan sebagai pelengkap pada saat seseorang diterima sebagai CPNS. Surat ini bersifat resmi dan wajib dilampirkan sebagai persyaratan.


Format Surat Pernyataan

Dalam menulis sebuah surat pernyataan tentu tidak sembarangan. Surat pernyataan sebagai surat resmi memiliki format atau susunan secara khusus. Adapun untuk susunan atau format surat pernyataan terbagi dalam tiga bagian yaitu sebagai berikut :

1. Bagian Pembuka

Pada bagian terdapat tulisan SURAT PERNYATAAN. Tulisan ini yang biasanya ditulis dengan huruf kapital semua dan juga  berada di tengah bagian paling atas.

2. Isi Pernyataan

Bagian kedua adalah isi. Bagian ini berisi mengenai pernyataan yang ingin disampaikan. Dalam bagian isi ini juga akan dijelaskan mengenai identitas pihak yang memberikan pernyataan serta isi dari pernyataan. Misalnya saja jika surat pernyataan ini dibuat oleh pihak lain maka hal itu juga harus dijelaskan

3. Bagian Penutup

Untuk bagian terakhir adalah penutup. Bagian ini akan tertera tanggal serta tempat dibuatnya surat, serta juga terdapat identitas yang membuat surat. Pada identitas tersebut akan meliputi nama terang, tanda tangan, maupun keterangan yang lainnya seperti nomor induk pegawai, dst.


Cara Membuat Surat Pernyataan

Bagi yang kesulitan dalam membuat surat pernyataan, ada beberapa tips dan cara. Ikuti tips berikut ini untuk dapat membuat surat pernyataan yang baik dan benar.

1. Tujuan Penulisan

Ketahui dengan jelas surat pernyataan tentang apa  dan untuk apa surat ingin dibuat. Apakah  isi surat pernyataan mengenai hutang, atau mungkin surat pernyataan mengenai kesanggupan diri atau yang mungkin yang lainnya.

2. Media penulisan

Bagi yang ingin membuat surat pernyataan tanpa tulis tangan dapat mengetik di komputer atau laptop. Caranya buka Microsoft Word, kemudian ketikkan SURAT PERNYATAAN dengan semuanya berhuruf kapital. Letakkan tulisan di posisi center di bagian paling atas.

3. Format Saat Mengetik

Ketikkan mengenai isi pernyataan harus juga termasuk identitas yang membuat isi pernyataan. Misalnya bagi yang ingin membuat surat pernyataan untuk diri sendiri, maka perlu untuk menulis secara jelas dan lengkap data diri pribadi

4. Tulis Nama Pada Bagian Penutup

Pada format pembuatan sudah dijelaskan bahwa langkah terakhir adalah membuatnya di bagian penutup. Tuliskan pada bagian penutup yaitu dengan nama tempat,  tanggal dibuatnya surat, dan juga nama pembuat surat pernyataan.

5. Baca Kembali

Sebelum melakukan finishing, jangan lupa baca kembali  teliti isi surat pernyataan yang telah  dibuat sebelum dicetak (diprint). Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikkan  dan juga format atau susunannya benar.

6. Lakukan Finishing

Terakhir jika dirasa sudah benar, surat pernyataan dapat dicetak/di-print. Kemudian beri tanda tangan sesuai nama yang tertera di bagian paling bawah surat.  Jika membuat untuk diri sendiri, maka wajib tanda tangan di atas materai yang telah tertempel.

Contoh Surat Pernyataan