Contoh Teks Prosedur

contoh teks prosedur

Contoh Teks Prosedur – Dalam menjalankan sesuatu, tentunya membutuhkan beberapa langkah-langkah yang disebut dengan prosedur. Bahasa Indonesia tentunya memiliki berbagai contoh teks prosedur yang mudahnya bisa ditemukan di bungkus makanan instan.

Akan tetapi sebelum ke contoh teks prosedur, berikut adalah pengertian teks prosedur. Tujuan dari teks prosedur ini adalah untuk membantu pembaca dalam memahami bagaimana cara untuk melakukan atau membuat sesuatu yang tepat.

Atau dalam arti lain untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Sehingga teks prosedur ini sangat penting untuk dibaca dan berguna bagi kehidupan seseorang.


Pengertian Teks Prosedur

contoh teks prosedur

Teks Prosedur merupakan sebuah teks yang berisi tentang cara atau langkah untuk melakukan sesuatu. Baik itu untuk melakukan kegiatan tertentu maupun untuk membuat sesuatu yang disajikan dengan berurutan.

Biasanya teks prosedur ini terdiri dari kalimat perintah atau pola kalimat imperatif. Kata kerja aktif juga digunakan pada teks prosedur. Dalam sebuah teks prosedur biasanya menggunakan kata hubung atau konjungsi agar langkah-langkah dalam teks prosedur bisa dilakukan dengan benar.

Selain itu, teks prosedur juga menggunakan kata keterangan yang berfungsi untuk menyatakan tempat, waktu, dan cara yang akurat.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

contoh teks prosedur

Teks prosedur juga memiliki kaidah kebahasaan tersendiri yang mana sama seperti teks lainnya. Kaidah yang pertama adalah konjungsi temporal atau kata hubung yang menyatakan waktu kegiatan.

Misalnya setelah itu, lalu, kemudian, selanjutnya, berikutnya, dan lain-lain. Untuk kaidah kebahasaan yang kedua adalah verba material dan tingkah laku.

Verba material merupakan sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik atau dalam arti lain adalah sebuah kata kerja aktif. Sedangkan verba tingkah laku merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan kalimat ungkapan.

Kemudian pada kaidah kebahasaan selanjutnya adalah partisipan manusia yang mana merupakan manusia yang ikut serta dalam prosedur ini. Kata kerja imperatif juga terdapat pada teks prosedur ini.

Kata kerja imperatif bisa juga berarti perintah atau larangan. Dalam contoh teks prosedur, nantinya akan ditemukan banyak kalimat imperatif atau kalimat perintah dan larangan.


Contoh Teks Prosedur Sederhana

contoh teks prosedur


Contoh Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur ini tidak hanya berguna bagi para pelajar saja, tetapi juga seluruh manusia. Karena tanpa teks prosedur, orang-orang tidak akan bisa membuat atau menjalankan sesuatu.

Dalam teks prosedur, terdapat tiga jenis teks prosedur yang mana salah satunya adalah teks prosedur sederhana. Berikut adalah contoh teks prosedur sederhana.


1. Contoh Teks Prosedur Mengoperasikan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan alat untuk membersihkan debu dan kotoran yang biasa digunakan di rumah, kantor, maupun di mobil. Berikut ini adalah prosedur bagaimana mengoperasikan vacuum cleaner:

  • Masukkan kabel vacuum cleaner ke stopkontak lalu tekan tombol ON pada pegangan vacuum cleaner.
  • Dekatkan vacuum cleaner pada tempat yang berdebu.
  • Setelah selesai menggunakan, tekan tombol OFF.

2. Contoh Teks Prosedur Menghidupkan Senter

Senter adalah alat yang berguna untuk menerangi dalam kegelapan. Biasanya senter sangat penting digunakan ketika listrik sedang padam di malam hari. Berikut ini merupakan contoh prosedur menghidupkan senter.

  • Masukkan baterai senter ke bagian bawah senter.
  • Setelah baterai dimasukkan, kemudian hidupkan senter.

3. Contoh Teks Prosedur Mencuci Motor

Agar motor tetap bersih, motor harus selalu dicuci. Selain terlihat bersih, motor yang dicuci nantinya juga akan membuat motor semakin enak dipandang. Sehingga berikut ini merupakan cara untuk mencuci motor.

  • Semprot semua badan motor dengan air bersih lalu usap dengan spon yang sudah dicelup air sabun.
  • Bilas motor dengan menggunakan air bersih.
  • Keringkan motor dengan menggunakan kanebo.

4. Contoh Teks Prosedur Menyalakan Motor Matic

Motor matic adalah salah satu jenis motor yang digunakan banyak orang karena pengendara tidak perlu menginjak pedal gir untuk menambah kecepatan. Sehingga motor matic sangat mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah cara menyalakan motor matic.

  • Masukkan kunci motor pada tempatnya.
  • Pastikan motor berada pada kondisi off sebelum menyalakan motor.
  • Putar kunci ke posisi on kemudian tekan start di bagian kanan.
  • Motor sudah siap untuk dijalankan.

5. Contoh Teks Prosedur Memasak Mie Goreng Instan

Mie instan menjadi makanan instan yang sudah lama ada di Indonesia dan menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Cara membuatnya yang mudah juga menjadi alasan mengapa banyak orang makan mie instan. Berikut ini adalah prosedur memasak mie instan.

  • Rebus dua gelas air ke dalam panci kemudian masukkan mie setelah air mendidih.
  • Kemudian masukkan semua bumbu ke dalam piring atau mangkuk.
  • Setelah matang, tiriskan mie lalu campur mie bersama bumbu.
  • Mie goreng instan siap untuk dikonsumsi.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur


Contoh Teks Prosedur Kompleks
Dari teks prosedur sederhana di atas bisa disimpulkan bahwa teks prosedur sederhana memiliki cara yang singkat. Teks prosedur juga memiliki jenis yang lain, yaitu teks prosedur kompleks. Teks prosedur kompleks menyajikan cara yang panjang agar hasil akhir bisa tercapai. Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur kompleks.


1. Prosedur Membuat KTP Elektronik

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan identitas yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. Tujuan dari membuat KTP Elektronik adalah selain sebagai identitas diri juga digunakan untuk membatasi gerak pelaku kriminal. Sebelum membuat KTP Elektronik, pastikan para pemohon harus melengkapi persyaratan berikut.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berumur 17 tahun atau lebih.
  • Surat Pengantar dari RT, RW, dan Kepala Desa / Lurah Setempat.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Kutipan Akta Kelahiran.
  • Pas Foto 3×4.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, pemohon tinggal membawa persyaratan tersebut ke Kantor Kecamatan atau Kantor Catatan Sipil. Untuk langkah-langkah membuat KTP Elektronik kurang lebih sebagai berikut.

  • Pertama, isi formulir yang sudah disediakan oleh Kantor Kelurahan maupun Desa. Biasanya di sana sudah tersedia formulir serta surat pengantar untuk membuat KTP Elektronik.
  • Lalu, datanglah ke tempat proses pembuatan e-KTP dengan membawa persyaratan yang sudah dibawa. Untuk lebih menyingkat waktu, siapkan sebelum datang ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil.
  • Kemudian ambil nomor antrean di loket dan tunggu hingga dipanggil oleh petugas. Jangan lupa untuk membawa surat dari Kantor Kelurahan atau Desa.
  • Setelah itu petugas akan memasukkan data dan foto secara digital. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan kartu keluarga. Jika belum pernah mempunyai e-KTP, isilah formulir F1.01.
  • Selanjutnya, bubuhkan tanda tangan pada alat perekam tanda tangan.
  • Berikutnya lakukan pemindaian retina pada alat yang telah disediakan oleh petugas.
  • Setelah itu, pastikan surat panggilan akan ditandatangani dan distempel oleh petugas. Tunggu proses pencetakan KTP sekitar 2 minggu.
  • Apabila e-KTP sudah selesai dicetak, KTP Elektronik tersebut bisa diambil di Kantor Kelurahan atau Kantor Desa. Pembuatan KTP ini tidak memakan biaya sama sekali.

2. Prosedur Membuat SIM C

Surat Izin Mengemudi merupakan sebuah identitas bahwa seseorang sudah layak untuk mengemudikan kendaraan. Identitas ini juga wajib untuk dimiliki para pengemudi kendaraan. Berikut ini adalah prosedur membuat SIM C.

  • Pertama, menyiapkan dokumen yang diantaranya berupa foto copy KTP sebanyak 5 lembar dan hasil tes kesehatan. Biasanya untuk tes kesehatan ada di dekat Polres yang dekat dengan pembuatan SIM.
  • Setelah melakukan tes kesehatan, serahkan dokumen yang sudah dibawa ke loket pendaftaran. Apabila data sudah lengkap, pemohon akan diberi formulir. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar.
  • Ketiga, serahkan formulir dan kelengkapannya yang sudah di isi ke loket penyerahan formulir. Pastikan formulir beserta kelengkapannya dimasukkan ke dalam map. Pemohon akan mendapatkan bukti penyerahan formulir yang digunakan yaitu tahap tes teori dan tes praktek.
  • Keempat, Anda akan menjalankan tes teori dan tes praktek. untuk tes teori berisi tentang peraturan saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Apabila pemohon lulus dalam menjalankan tes teori, maka pemohon akan melanjutkan menuju tes praktek.
  • Selanjutnya isikan nama dan alamat di buku registrasi peserta ujian praktek. Dalam ujian praktek ini biasanya menguji kemampuan pemohon dalam mengendarai motor lurus, zig-zag, angka 8, dan bidang oval. Tes praktek harus dilakukan dengan benar dan jika gagal, pemohon akan mengulang di hari berikutnya.
  • Setelah dinyatakan lulus, bawalah berkas menuju ke loket pembayaran dan bayarlah sesuai sim yang dibuat. Untuk SIM C biasanya dikenakan biaya Rp. 100.000. Tidak hanya membayar registrasi, pemohon juga harus membayar biaya asuransi sebesar Rp. 30.000.
  • Langkah berikutnya bawalah berkas dan bukti pembayaran ke dalam, tepatnya ke ruang entry data dan foto SIM.
  • Jika sudah selesai, pemohon akan dipersilakan menunggu lagi sampai SIM tercetak. Nantinya nama pemohon akan dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi beserta menandatangani bukti pengambilan SIM.

3. Prosedur Membuat Rekening Bank

Rekening bank merupakan hal yang wajib untuk dibuat jika seseorang ingin menyimpan uang di bank. Selain itu, rekening bank ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menerima uang dari transfer orang lain. Berikut ini adalah prosedur dalam membuat rekening bank.

  • Yang pertama adalah menyiapkan KTP yang sesuai dengan daerah pemohon. Jika tidak sesuai dengan daerah, maka pihak bank akan meminta surat keterangan dari RT atau Kepala Desa.
  • Selanjutnya, siapkan saldo pertama yang wajib untuk dimasukkan ke rekening pemohon. Biasanya di setiap bank memiliki nilai saldo yang berbeda-beda.
  • Setelah semua selesai disiapkan, datanglah ke bank dan mengambil nomor antrean. Jika bingung tempat untuk membuka rekening, pemohon bisa bertanya kepada satpam.
  • Jika nomor yang diambil sesuai dengan yang diambil, maka pemohon bisa menuju ke teller untuk membuka rekening. Kemudian ikuti instruksi teller bank.
  • Tunggu sampai dipanggil kembali oleh teller terkait rekening pemohon. Jika sudah, maka rekening selesai dibuat.

4. Prosedur Mengirim Paket Ke JNE

JNE merupakan layanan pengiriman paket yang saat ini digunakan oleh banyak orang. Mengirim paket melalui JNE bisa dibilang lebih cepat sampai ke tujuan. Berikut ini merupakan prosedur mengirim paket ke JNE

  • Pertama, kemas barang dengan sebaik dan serapi mungkin. Apabila barang mudah pecah, pengirim bisa menambahkan tulisan barang mudah pecah. Jika perlu, tambahkan pengaman tambahan seperti busa, koran, foam, dan lain-lain.
  • Setelah packing, kemudian tulis alamat penerima paket dengan lengkap dan jelas. Lengkapi juga nomor telepon penerima paket agar bisa dihubungi saat paket diterima.
  • Kemudian cek tarif ongkos kirim dari tempat pengirim ke tempat penerima.
  • Langkah berikutnya adalah datangi kantor JNE terdekat jika sudah siap untuk mengirim barang.
  • Ambillah nomor antrean jika ada. Apabila tidak ada, maka bisa langsung berikan paket yang ingin dikirim ke petugas.
  • Berikutnya petugas akan memasukkan data yang diperlukan lalu bayarlah ongkos kirim kepada petugas.
  • Jika sudah nantinya pengirim akan mendapatkan bukti pengiriman dan simpan baik-baik bukti pengiriman tersebut.

5. Prosedur Membuat SKCK

SKCK memiliki banyak fungsi, salah satunya digunakan untuk melamar pekerjaan swasta. Dalam membuat SKCK, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan.

  • Kartu Keluarga.
  • KTP.
  • Akta Kelahiran.
  • Foto 4×6 dengan background merah sebanyak 10 lembar.
  • Surat Pengantar Dari Desa / Kelurahan.
  • Biaya Administrasi sebesar Rp. 30.000.

Jika sudah melengkapi persyaratan, tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama pergilah ke Polres terdekat dan menuju ke loket pembuatan SKCK. Kemudian, serahkan persyaratan yang sudah dibawa untuk membuat SKCK.
  • Setelah itu, pemohon akan diminta untuk mengisi formulir. Setelah diisi, serahkan kembali formulir kepada petugas.
  • Kemudian, pemohon akan diminta untuk pindah ke loket pengecekan sidik jari. Biaya untuk pengecekan sidik jari adalah sebesar Rp. 5.000.
  • Setelah mendapatkan kartu sidik jari, kembalilah ke loket SKCK untuk mengambil SKCK yang sudah jadi. Bayarkan biaya administrasi di loket tersebut.
  • Yang terakhir, foto kopilah SKCK untuk sekalian dilegalisir sebanyak 10 lembar. Karena masa aktif SKCK adalah 6 bulan, jadi perpanjanglah SKCK jika sudah habis masa aktifnya.

Contoh Teks Prosedur Protokol

contoh teks prosedur


Contoh Teks Prosedur Protokol
Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu rumit dan mudah dipahami.

Tentunya banyak orang akan lebih suka membaca teks prosedur protokol dibandingkan dengan teks prosedur kompleks yang panjang. Untuk contoh teks prosedur protokol, berikut di bawah ini adalah contohnya:


1. Prosedur Membuat Akun Gmail

Gmail merupakan layanan email yang dibuat oleh Google pada tahun 2004. Membuat akun gmail adalah hal yang wajib terutama bagi para pemilik hp android. Karena tanpa akun gmail, para pengguna Android tidak bisa memasang aplikasi melalui Google Play Store. Bagi yang ingin membuat akun gmail, berikut adalah prosedur membuat akun gmail.

  • Langkah yang pertama adalah ketikkan url gmail.com pada address bar di browser masing-masing.
  • Setelah masuk ke halaman Gmail, Kemudian klik “Create An Account”
  • Berikutnya isi form pendaftaran sesuai data pribadi Anda.
  • Selanjutnya akan diarahkan menuju ke halaman verifikasi akun. Isilah dengan nomor handphone yang aktif dan kemudian klik lanjutkan.
  • Masukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia setelah menerima SMS dari Google. Nantinya Google secara otomatis akan menerima kode verifikasi dan email selesai dibuat.

2. Prosedur Memasang Tenda

Ketika berkemah, tenda menjadi hal yang harus dibawa. Agar bisa dipakai dengan benar, tenda harus dipasang. Berikut ini adalah prosedur memasang tenda.

  • Sebelum memasang tenda, siapkan terlebih dahulu tenda, tiang, dan perlengkapan lainnya.
  • Kemudian jika sudah disiapkan, letakkan tenda dengan bagian punggung di atas.
  • Berikutnya pasang satu tiang tenda dan jangan lupa pasang patok-patok tenda di setiap sudut menggunakan palu.
  • Lalu tegakkan tiang tenda kemudian segera ikatkan tali pada patok.
  • Pasang tiang depan kemudian tegakkan dan segera ikat dengan tali pada patok yang sudah dipasang.
  • Selanjutnya ikatkan tali di sudut-sudut tenda pada patok yang tadi dipasang.
  • Dan yang terakhir masukkan tiang pada lubang atap tenda. Tenda sudah siap untuk dipakai.

3. Prosedur Mendownload Video Dari Youtube

Youtube merupakan layanan video yang saat ini banyak dinikmati banyak orang. Karena videonya yang bersifat offline, terkadang seseorang ingin menyimpan video tersebut untuk dinikmati saat tidak ada koneksi internet. Sehingga berikut ini adalah prosedur mendownload video dari Youtube.

  • Langkah pertama buka video youtube yang ingin disimpan.
  • Selanjutnya tambahkan huruf ss sebelum kata youtube kemudian tekan enter. Nantinya pengunjung situs akan dibawa ke halaman download.
  • Langkah ketiga pilihlah kualitas video yang ingin disimpan. Jika ingin video dengan kualitas video yang bagus, maka klik pada tulisan 720p atau 1080p.
  • Setelah klik tulisan tadi, tunggu sampai video selesai diunduh dan video siap untuk ditonton secara offline.

4. Prosedur Membuat Akun Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang digunakan di seluruh dunia. Bahkan pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan masyarakat. Untuk mendaftar akun twitter, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Langkah pertama, ketikkan twitter.com di address bar atau ketikkan twitter di kolom pencarian Google kemudian klik pada halaman yang bertuliskan Twitter.
  • Kemudian setelah membuka halaman Twitter, klik pada bagian Sign Up.
  • Isi semua kolom-kolom tersebut sesuai dengan identitas pengguna.
  • Setelah selesai mengisikan data, konfirmasi data pendaftaran dan memasukkan data nama pengguna. Lalu klik Daftar atau Sign Up.
  • Kemudian para pengguna baru twitter ini akan diperkenalkan mengenai Twitter. Untuk menuju tahap berikutnya, klik Ayo!.
  • Berikutnya para pengguna baru akan diminta untuk memilih minat yang mana akan menentukan halaman yang akan diikuti pertama kali.
  • Selanjutnya ikutilah 40 daftar akun yang akan diikuti sesuai dengan minat yang dipilih.
  • Setelah itu, unggah foto pengguna sebagai foto profil.
  • Yang terakhir adalah memasukkan email kemudian verifikasi akun tersebut. Akun twitter sudah berhasil digunakan.

5. Prosedur Mengirim File Antar HP Android

Mengirim file dengan teman yang sama-sama menggunakan handphone Android sekarang bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Dengan menggunakan aplikasi ShareIt, mengirim file jadi lebih cepat karena menggunakan koneksi local tethering tanpa menggunakan internet. Berikut adalah cara untuk mengirim file antar hp Android dengan ShareIt.

  • Langkah pertama, buka aplikasi ShareIt di hp android kemudian klik Send.
  • Selanjutnya akan tampil berbagai file yang ingin dikirim. Jika ingin mengirim aplikasi, tinggal pilih saja daftar aplikasi yang ingin dikirim. Apabila ingin mengirim foto, geser ke kanan lalu klik foto yang ingin dikirim.
  • Setelah memilih file yang ingin dikirim, klik Next dan tunggu sampai muncul ikon penerima file.
  • Berikutnya klik ikon hp penerima file lalu tunggu sampai selesai. Jika sudah, maka file berhasil dikirim.

Contoh Teks Prosedur Mengoperasikan Alat

contoh teks prosedur


Contoh Teks Prosedur Mengoperasikan Alat
Teks prosedur mengoperasikan alat merupakan salah satu contoh teks prosedur. Jika dikategorikan, teks prosedur mengoperasikan alat masuk ke jenis teks prosedur sederhana dan teks prosedur protokol. Sehingga berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur mengoperasikan alat.


1. Mengoperasikan Mesin Cuci

Pada umumnya, teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok, misalnya mesin cuci. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengerti bagaimana cara untuk mengoperasikan mesin cuci dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah mengoperasikan mesin cuci dengan baik dan benar.

  • Pertama, masukkan kabel colokan mesin cuci ke stop kontak.
  • Selanjutnya masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung mesin cuci. Pisahkan terlebih dahulu pakaian yang mudah luntur dengan yang tidak mudah luntur.
  • Langkah ketiga tuangkan deterjen kemudian isilah tabung pencucian dengan air.
  • Aturlah siklus pencucian ke arah angka 10 menit. Ulangi langkah ini selama tiga kali agar pakaian bebas dari debu dan kotoran yang menempel.
  • Setelah turbin berhenti, buanglah air cucian tersebut dengan menekan tombol drain.
  • Berikutnya angkatlah pakaian dan pindahkan ke dalam tabung pengering dan tutup rapat.
  • Putarlah tombol pengering ke arah angka 5 menit. Untuk langkah ini dilakukan satu kali saja.
  • Langkah yang terakhir, angkat dan jemur pakaian. Jangan lupa matikan mesin cuci.

2. Mengoperasikan Proyektor

LCD Proyektor dalam istilah sehari-hari digunakan sebagai perangkat keras ( hardwrae ) yang sama fungsinya dengan monitor. Proyektor sering kali digunakan untuk presentasi, seminar, dan kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kampus. Untuk mengoperasikan proyektor ini, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Pertama, hubungkan proyektor dengan listrik mengunakan kabel power. Jika lampu indikator power menyala berwarna oranye, maka proyektor siap dipakai
  • Selanjutnya Buka tutup lensa lalu tekan tombol power sekitar 2 detik. Tunggu sampai indikator berwarna hijau dan display tampil penuh selama 10 sampai 30 detik.
  • Nyalakan semua peralatan yang menjadi input, misalnya laptop.
  • Selanjutnya tekan source atau input untuk memilih input yang akan ditampilkan.
  • Selain itu, otomatis source juga bisa dihidupkan dan tunggu 5 – 10 detik untuk pencarian input terdekat.
  • Proyektor siap digunakan.

3. Mengoperasikan Rice Cooker Untuk Memasak Nasi

Rice cooker adalah alat elektronik rumah tangga yang berguna untuk memasak nasi dengan mudah. Banyak dari kalangan masyarakat yang sudah menggunakan rice cooker. Bagi yang belum pernah menggunakan rice cooker, berikut adalah langkah mengoperasikan rice cooker untuk memasak nasi.

  • Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu beras yang akan dimasak.
  • Berikutnya masukkan beras ke dalam wadah rice cooker dan tambahkan air sesuai dengan takaran yang ada pada rice cooker tersebut.
  • Pastikan colokan rice cooker sudah ditancapkan lalu nyalakan rice cooker dan tutup rice cooker.
  • Selanjutnya tekan tombol Cook pada rice cooker sampai lampu tanda Cook menyala.
  • Yang terakhir tunggu sampai lampu dan tombol berubah ke warm. Jika sudah, nasi sudah siap untuk disantap.

4. Mengoperasikan Setrika

Setrika adalah alat yang digunakan untuk merapikan pakaian yang kusut. Cara kerja dari setrika ini adalah dengan mengalirkan panas dari listrik ke lempeng tembaga yang menjadi permukaan panasnya. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan setrika.

  • Langkah pertama, sambungkan colokan setrika pada stopkontak Jika lampu pada setrika sudah menyala, berarti aliran listrik sudah diterima.
  • Selanjutnya aturlah suhu panas sesuai dengan jenis kain yang akan dirapikan. Untuk mengatur suhu panas, putar knob pada bagian tengah di bawah gagang setrika.
  • Tunggu beberapa menit agar setrika bisa panas merata.
  • Terakhir letakkan permukaan setrika pada pakaian dan gosok hingga pakaian tidak kusut lagi.

5. Menghidupkan Komputer

Komputer sudah menjadi salah satu barang yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengoperasian komputer, seseorang membutuhkan prosedur dalam penggunaannya. Sehingga berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghidupkan komputer.

  • Langkah pertama pasang kabel yang terhubung dengan benar dan tepat.
  • Apabila memiliki stabilizer voltage, hidupkan stabilizer voltage.
  • Berikutnya tekan tombol power yang ada pada monitor untuk menghidupkan monitor.
  • Setelah itu tekan juga tombol power pada CPU untuk menghidupkan CPU.
  • Kemudian tunggu hingga proses booting komputer selesai.
  • Setelah muncul layar di desktop, maka komputer siap untuk digunakan.

Dari contoh teks prosedur di atas, bisa disimpulkan bahwa teks prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah menggunakan produk.

Dalam sebuah teks prosedur biasanya terdiri dari kata hubung, kata kerja, dan kalimat perintah atau kalimat larangan. Sehingga contoh teks prosedur di atas kurang lebih benar sesuai kaidah kebahasaan teks prosedur.

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Ulasan

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Teks Editorial

Kartika Aryani
10 min read