Ucapan Hari Guru

Ucapan Hari Guru

Ucapan Hari Guru – Banyak penghargaan yang disuguhkan bagi seorang guru, salah satunya keberadaan hari guru baik nasional atau pun dunia.

Pencatutan hari guru merupakan salah satu momen kesempatan untuk memberikan ucapan hari guru sebagai salah satu tanda terima kasih kepada para guru yang senantiasa memberikan peran pentingnya yang begitu mulia, tidak hanya mendidik, menasihati, tapi juga sebagai teladan yang hendaknya dicontoh oleh setiap orang.


Ucapan Hari Guru Nasional

Ucapan Hari Guru

Sebagai salah satu penghargaan bagi seorang guru yang senantiasa memberikan peran pentingnya dalam kehidupan, maka dari itu ditetapkanlah hari guru nasional yang sudah secara resmi dirayakan setiap tanggal 25 November. Hari tersebut senantiasa dijadikan momen langka serta kesempatan bagi setiap orang untuk memberikan ucapan rasa terima kasihnya kepada setiap penerang dalam kegelapan, serta pencerah dalam setiap langkah yang harus dituju yakni yang tidak lain adalah seorang guru. Ketika hari tersebut tiba, terdapat beberapa ungkapan yang bisa dinyatakan dengan berbagai bahasa terutama bahasa daerah.

1. Menggunakan Bahasa Indonesia

Banyak ungkapan atau quote menarik yang dinyatakan khusus untuk para guru yang telah berjasa dalam kehidupan ini. Berikut ini beberapa ungkapan yang kerap dalam rangka memeringati hari guru Nasional.

  • Guru, engkau bak lilin penerang di kala gelap, setiap peluh dan lelah yang engkau rasa tergantikan dengan lahirnya generasi cerdas dan tangguh. Selamat Hari Guru Nasional.
  • Engkau yang telah meluangkan waktu untuk membimbing dan menyuapiku dengan pengetahuan, serta memberikan jalan penerang, kusampaikan Selamat Hari Guru Nasional.
  • Engkau yang membuatku tersadar akan tujuan hidup yang harus kutempuh. Selamat Hari Guru Nasional.
  • Guru, bak cahaya abadi yang senantiasa menjadi penerang yang akan selalu terang dan tidak akan pernah redup. Selamat Hari Guru Nasional.
  • Guru, profesimu yang mulia itu senantiasa memberikan bimbingan serta nasihat bagi setiap pemuda bangsa. Selamat Hari Guru Nasional.

2. Menggunakan Bahasa Sunda

Selain ungkapan di atas, rasa terima kasih pada guru juga bisa dinyatakan dengan menggunakan bahasa daerah salah satunya bahasa Sunda. Berikut ini ungkapan yang dapat dinyatakan ketika hari guru tiba.

  • Tanpa seueur nyarios tanpa seueur nyuhunkeun, guru sajati ngahaturanan diri kalayan sepenuh manah pikeun nungtun generasi muda supaya langkung mangpaat. Pernyataan tersebut berarti “Tanpa banyak mengatakan dan meminta, guru sejati dengan sepenuh hatinya akan mendedikasikan diri dalam mencetak generasi muda yang berguna”.
  • Anjeun masihan harapan, tapi kuring rusak. Anjeun masihan kabagjaan, tapi kuring teu paduli. Sakumaha cinta anjeun ka kuring? Kuring kakara sadar nalika kuring dewasa. Wilujeung dinteun guru. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni “Engkau memberikan harapan, namun kupatahkan. Engkau berikan bahagia, namun kuhiraukan. Sebesar itukah kasihmu? Aku baru menyadarinya ketika tumbuh dewasa. Selamat hari guru”.
  • Seja nganuhunkeun ka para guru anu atos nyaangan dina nalika poek. Ungkapan tersebut berarti “Terima kasih  kepada semua guru yang telah menjadi penerang di kala gelap”.
  • Teu kedah diinget, henteu kedah dipuji, sareng henteu kedah dikagumi. Kusabab anjeun pahlawan unsung, yang artinya “Tak perlu dikenang, tak perlu dipuji serta tidak perlu dikagumi, karena engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa”.
  • Anjeun sapertos lilin anu salawasna nyaangan dina poek, wilujeung dinteun guru. Ungkapan tersebut berarti “Engkau bak lilin yang selamanya menerangi di kala gelap”.

3. Menggunakan Bahasa Jawa

Selain menggunakan bahasa Sunda, ungkapan lainnya bisa dinyatakan dengan menggunakan bahasa Jawa. Pengungkapan rasa terima kasih dengan bahasa daerah tentunya akan menambah keterharuan serta sensasi yang berbeda. Berikut ini ungkapan yang bisa dinyatakan sebagai ucapan terima kasih pada guru.

  • Guru iku digugu lan ditiru, ngelmu iku kelakone kanthi laku. Ngaturaken sugeng dinten guru katur sedaya guru wonten ing Indonesia. Makna yang tersirat dari ungkapan tersebut yakni hendaknya menurut apa yang diperintahkan guru.
  • Ora usah dielingi, lan ora perlu dipuji. Amarga sampeyan minangka pahlawan sing ora ana, artinya “Tak perlu dikenang dan dipuji. Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa”.
  • Guru menehi inspirasi kanggo nggoleki tujuan kula ing urip, lan supaya sampeyan bisa ngerteni. Sugeng Hari Guru Nasional. Ungkapan tersebut memiliki arti “Guru memberikan inspirasi dalam menentukan tujuan hidupku, dan membuatku menyadarinya. Selamat Hari Guru Nasional”.
  • Kanggo jagad mungkin sampeyan mung guru, nanging kanggo kula, sampeyan minangka guru sing paling apik, artinya “Bagi dunia, Engkau hanyalah seorang guru, tapi bagiku engkau guru terbaik”.
  • Nyengkuyung supaya bisa ngagayuh potensial kula, kepengin ngimpi gedhe lan nindakake barang-barang sing luar biasa, artinya “Engkau mendorongku untuk mencapai potensiku serta mengantarkanku pada mimpi serta hal-hal besar”.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar


Ucapan Hari Guru Sedunia

Ucapan Hari Guru

Penghargaan lainnya terhadap guru yakni adanya hari guru sedunia. Bagi UNESCO, peringatah hari guru sedunia merupakan suatu apresiasi terhadap peran sang guru yang kerap memberikan pengetahuan serta membangun generasi masa depan yang lebih baik. Sejak tahun 1994 bahwa setiap tanggal 5 Oktober telah disepakati secara resmi untuk dijadikan sebagai tanggal peringatan hari guru sedunia.

Hal ini dicetuskan sebagai salah satu bentuk dukungan dunia terhadap guru yang ada di seluruh penjuru dunia. Hari tersebut tentunya menjadi salah satu ajang serta kesempatan untuk menyatakan rasa terima kasih kepada para guru yang senantiasa menjadi penerang dalam kegelapan. Ucapan hari guru sedunia dapat disampaikan dengan berbagai bahasa, terutama dengan menggunakan bahasa asing. Hal ini akan menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilakukan.

1. Menggunakan Bahasa Arab

Hari guru sedunia sudah selayaknya dijadikan kesempatan dalam mengungkapkan rasa terima kasih kepada para guru yang telah menyisihkan waktu serta jasanya dalam mengabdikan diri mendidik pemuda-pemudi bangsa agar tumbuh menjadi generasi masa depan yang baik. Ucapan rasa terima kasih bisa disampaikan dengan bahasa asing, salah satunya bahasa Arab yang merupakan bahasa asing dan kerap digunakan dalam berbagai kegiatan populer di kancah Internasional. Ucapan dalam rangka memeringati hari guru bisa diungkapkan dengan pernyataan  sebagai berikut.

  •  أنت بطل مجهول يوم المعلم سعيدyang memiliki arti “Engkau pahlawan tanpa tanda jasa, selamat hari guru”.
  • إن تشجيعي على الوصول إلى إمكاناتي يقودني إلى أحلام كبيرة والقيام بأشياء غير عادية yang artinya “Engkau mendorongku dalam mencapai potensiku serta mengantarkanku pada mimpi besar dan melakukan hal-hal yang luar biasa”.
  • أنت مثل الشمعة التي تضيء دائمًا كل ظلام دامس ، قد يعرق عرقك المتعب جيلًا ذكيًا ورائعًا yang artinya “Engkau bagaikan lilin yang senantiasa menerangi kegelapan, setiap peluh-lelahmu akan melahirkan generasi yang cerdas dan tangguh”.
  • ألهمني المعلم لإيجاد غرضي في الحياة ، وجعلني قادرًا على تحقيق ذلك yang berarti “Guru mengilhamiku dalam menemukan tujuan hidupku dan membuatku tersadar akan hal itu”.
  • أنت مثل الضوء الذي لن يخفت أبداً. دائما مضاءة في الظلام yang artinya “Engkau bak cahaya yang tidak pernah redup, senantiasa terang-benderang dalam kegelapan”.

Baca Juga: Ucapan Barakallah Fii Umrik

2. Menggunakan Bahasa Spanyol

Selain menggunakan ungkapan berbahasa arab, ungkapan lainnya dapat dinyatakan dengan bahasa asing lainnya yakni bahasa Spanyol yang kerap disebut-sebut sebagai bahasa internasional ketiga yang sering dijadikan dalam berkomunikasi bertaraf nasional. Berikut ungkapan yang bisa dinyatakan saat hari guru sedunia tiba.

  • Eres como una luz que nunca se atenuará, siempre iluminando en la oscuridad. Feliz dia del maestro. Ungkpan tersebut memiliki arti “Engkau bak cahaya yang tidak akan pernah redup, senantiasa menerangi dalam kegelapan. Selamat hari guru”.
  • Eres como una vela en la oscuridad, cada sudor y fatiga que sientes es reemplazado por el nacimiento de una generación inteligente y dura, yang berarti “Engkau bak lilin penerang di kala gelap, setiap peluh dan lelah yang engkau rasa tergantikan dengan lahirnya generasi cerdas dan tangguh”.
  • Me hiciste darme cuenta del propósito de la vida al que debo ir. Feliz dia del maestro. Ungkapan tersebut berarti “Engkau yang membuatku tersadar akan tujuan hidup yang harus kutempuh. Selamat hari guru”.

3. Menggunakan Bahasa Inggris

Ucapan hari guru sedunia juga bisa dinyatakan dengan bahasa lainnya yakni bahasa Inggris. Sebagai salah satu bahasa Internasional yang banyak digunakan dalam komunikasi antar negara, membuat bahasa Inggris sangat populer di berbagai negara. Hal ini juga menjadi salah satu pendorong untuk menyatakan ucapan rasa terima kasih dengan bahasa internasional tersebut. Berikut ungkapan yang biasanya dinyatakan saat hari guru tiba.

  • I am very thankful that you are my teacher, yang berarti bahwa “Saya sangat bersyukur bahwa Anda guru saya”.
  • Teachers like you are not easy to find. Ungkapan tersebut berarti “Guru-guru seperti Anda tidak akan mudah ditemukan”.
  • I am grateful for the positive learning environment you provided me with yang berarti “Saya sangat berterima kasih untuk proses belajar yang Anda terapkan”.
  • Thank you for helping me improve. Happy Teachers day. Ungkapan tersebut berarti “Terima kasih karena Anda telah membantu saya dalam memperbaiki diri. Selamat hari guru”.
  • Thank you for being patient and helping me improve. Happy Teacher day’s, yang artinya “Terima kasih atas kesabaran Anda dan membatu saya dalam memperbaiki diri. Selamat hari guru”.
  • I wholeheartedly appreciate everything you’ve done for me. Ungkapan tersebut berarti “Dengan segenap hati, saya menghargai setiap hal yang telah Anda lakukan untuk saya”.
  • You’re the best teacher ever! Happy Teachers day. Pernyataan tersebut memiliki arti “Engkaulah guru terbaik yang pernah ada! Selamat hari guru”.
  • Thank you for lighting, guiding, and showing me the way. Thank you for inspiring me. Happy Teacher’s Day! Ungkapan tersebut artinya “Terima kasih telah menerangi, menuntun serta mengarhkan jalan yang hendak kutempuh. Terima kasih telah menginspirasiku. Selamat hari guru”.

Keberadaan guru tentunya sangatlah penting dalam kehidupan. Hal ini terbukti dengan adanya apresiasi dalam bentuk peringatan terhadap seorang guru. Ungkapan-ungkapan di atas bisa menjadi referensi dalam mengungkapkan rasa terima kasih kepada guru tercinta yang hendak berjasa dan berperan penting dalam mencetak generasi masa depan yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa ungkapan yang bisa dijadikan sebagai ucapan hari guru baik yang tingkat nasional atau pun peringatan sedunia. Semoga dapat menginspirasi dan senantiasa memberikan dukungan terbaik pada guru-guru tercinta.

Ucapan Hari Guru

Tinggalkan Balasan