Ucapan Selamat Menikah

Ucapan Selamat Menikah

Ucapan Selamat Menikah – Menikah adalah salah satu Sunnah dalam islam yang dianjurkan oleh Rasulullah kepada ummat-Nya. Menikah merupakan salah satu ibadah terlama, dimana orang bisa berpahala sepanjang hidupnya.

Sebagai salah satu bentuk penyempurnaan agama seseorang, menikah merupakan sebuah impian. Jadi, memberi ucapan selamat menikah kepada seorang yang telah menikah pasti sangat berharga, karena itu menjadi sebuah doa.

Dalam sebuah perayaan pernikahan, para mempelai pengantin pasti sangat menyukai ucapan-ucapan selamat. Selain menjadi doa, ucapan selamat menikah juga itu bisa menjadi motivasi bagi yang lain untuk menyegerakan hal baik ini jika memang sudah merasa mampu. Jadi tidak ada salahnya untuk memberikan ucapan serta doa yang unik, menyentuh kepada mempelai dan juga keluarganya.


Makna Pernikahan Yang Sebenarnya

Ucapan Selamat Menikah

Pernikahan sejatinya merupakan komitmen seumur hidup. Dimana dua orang dengan karakter yang berbeda memutuskan untuk bersama dalam waktu yang lama. Pernikahan sendiri dalam islam merupakan ibadah yang harus ditunaikan jika memang sudah merasa mampu. Selain sebagai penyempurna iman, menikah juga sebagai pelindung dari segala jenis dosa yang dikendalikan hawa nafsu.

Apakah makna dari sebuah pernikahan? Makna pernikahan sejatinya adalah menerima. Menerima keseluruhan diri pasangan ataupun keluarganya, menerima kurang dan lebihnya pasangan. Menikah bukan hanya mempersatukan dua kepala dengan isi yang berbeda, tetapi juga menyatukan dua keluarga dengan latar belakang yang tidakah sama.

Baca Juga: Ucapan Anniversary


Pentingnya Memberi Doa Kepada Mempelai Pengantin

Ucapan Selamat Menikah

Mengapa memberi ucapan selamat menikah kepada para pengantin menjadi penting? Ya karena memang itu menjadi bentuk perhatian dan kasi sayang seorang teman ataupun undangan kepada yang menyelenggarakan acara walimah. Doa-doa yang terus dilantunkan akan cepat untuk diijibah oleh Yang Maha Kuasa.

Memberi doa lewat ucapan selamat juga sama artinya juga ikut mendoakan diri sendiri. Karena doa yang baik akan kembali kepada diri yang mendoakan tadi. Memberi ucapan juga sebagai bentuk menghargai undangan dengan ikut serta dalam euforia kebahagiaan yang tengah dirasakan oleh para keluarga yang bersangkutan.


Contoh Ucapan Selamat Menikah

Ucapan Selamat Menikah

Di zaman sekarang ini, dimana social media menjadi lifestyle. Social media menjadi gaya hidup yang oleh sebagian masyarakat dianggap menjadi bagian dari dirinya. Tak jarang banyak sekali momen-momen yang berharga dalam hidup diabadikan lalu dimasukkan ke dalam social media. Tentunya foto-foto ini memerlukan caption atau ucapan yang sesuai. Berikut beberapa contoh ucapan selamat menikah  :

1. Ucapan Pernikahan Islami

Menghadiri upacara pernikahan seseorang pasti rasanya tidak afdhol jika tidak memberikan ucapan selamat menikah kepada para mempelai. Terlebih lagi jika yang menikah merupakan sahabat atau keluarga, doa serta ucapan pasti akan sangat berharga bagi keduanya.  Ucapan ini bisa berupa doa yang terbalut kata-kata yang indah.

Ucapan selamat menikah yang islami contohnya, ungkapan islami ini bisa menjadi pilihan untuk mengungkapkan rasa turut berbahagia. Seperti :

  • Semoga pernikahan kalian selalu bahagia, dan diberi keturunan yang shaleh dan shalehah.
  • Barakkalahu lakuum wa baraka alaikum, ucapan ini memiliki arti bahwasanya semoga Allah melimpahkan kepada mempelai pengantin keberkahan hidup.
  • Barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakuma fi khoir, ucapan ini adalah doa yang Rasulullah berikan sewaktu menikahkan Ali Bin Abi Thalib dengan Fatimah.
  • Semoga Allah menghimpun apa-apa yang ada dari keduanya, memberkati mereka berdua, dan semoga Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka nantinya. Menjadikan pernikahan ini sebagai pintu rahmat, sumber ilmu, dan penebar manfaat bagi umat (Doa Rasulullah kepada Ali dan Fatimah ).

2. Ucapan Menikah Terindah

Momen pernikahan merupakan momen yang akan terus dikenang sepanjang hayat, jadi buatlah sebuah pernikahan sakral tersebut menjadi lebih berkesan. Terlebih lagi jika yang akan menikah adalah orang terdekat, rasanya kurang afdhol jika memberi kado tidak disertai dengan ucapan selamat menikah. Contohnya :

  • Telah sampailah kalian pada pelabuhan terakhir, semoga dengan pernikahan ini, hidup kalian menjadi lebih tenang dan tenteram”. Bahagia selalu dalam rumah tangga, masalah ada untuk dihadapi berdua, jalani semua dengan cinta dan kasih.
  • Kini setelah pencarian panjang itu, kalian telah saling menemukan satu sama lain. Selamat menempuh hidup baru, selamat mengarungi bahtera rumah tangga, bawalah kapal pernikahan ini sampai ke Jannah, Insya Allah”.
  • Pertemuan ini sudah direncanakan oleh pembuat scenario terindah, pernikahan ini adalah media pemersatu kalian. Selamat hari pernikahan , semoga selau berlimpah bahagia dan juga rezeki yang yang halal.
  • Menikah adalah ladang ibadah seumur hidup. Bukan hanya saling mencintai dan mengasihi, menikah adalah saling menerima kekurangan dan juga kelebihan, selamat menempuh hidup baru, bahagia sampai maut memisahkan kalian.

3. Ucapan Menikah Menyentuh

Kata-kata yang menyentuh hati mungkin juga bisa dijadikan pilihan untuk mengungkapkan rasa bahagia kepada teman yang menikah. Selain untuk dikenang, ungkapan-ungkapan ini bisa lebih berkesan uuntu diingat. Bebrapa contohnya yaitu :

  • Ingatlah, bahwa gambaran sebuah pernikahan bukan terletak pada perayaan disaat hari H, kekuatan cinta yang sesungguhnya akan diuji setelah semua perayaan ini selesai. Sakinah, mawaddah warahmah, semoga pernikahan ini menjadi pilihan tepat untuk kedua mempelai. Saling mencintai dan menghargailah maka pernikahan akan bertahan sampai selamanya”.
  • Bahwa sesungguhnya jodoh sudah tertulis di lauh mafduz bahkan sebelum kita lahir, kini kau sudah bersama dengan orang yang tertulis di lauh mafduzmu teman. Doaku tidaklah banyak, semoga pernikahan ini menjadikan kalian menjadi manusia-manusia yang penuh dengan cinta.
  • Selamat menenun kebahagian kalian berdua, semoga Tuhan selalu melimpahkan berkahnya kepada kalian. Semoga selalu menjadi pasangan yang harmonis dalam keadaan dan situasi apapun.

4. Ucapan Menikah Terunik

Memberi ucapan kepada sahabat tidak harus yang puitis, terkadang ucapan-ucapan unik dan mungkin sedikit anti mainstream akan lebih berkesan. Biasanya ungkapan ini sebagai ungkapan bahagia yang dibalut lucu-lucuan agar suasana tidak serta merta menjadi sedih dan tegang. Ucapan menikah terunik ini seperti :

  • Akhirnya setelah sekian purnama, tulang rusuk yang telah lama hilang sudah kau temukan, selamat menempuh hidup baru, kini kau sudah sepasang tidak lagi sendirian.
  • Jodoh takkan kemana, tapi jodoh akan kemana-mana jika tidak dicari bukan? Selamat bro! kini kau sudah menemukan dermaga untuk berlabuh, sudah bukan waktunya lagi untuk melanglang buana mencari mangsa.”
  • Pasangan itu seperti sepasang sepatu, walaupun butut dan buluk selama masih bersama akan tetap saling melengkapi.
  • Selamat berbahagia, usahamu untuk menikung dia di sepertiga malam sudah diijabah oleh Allah, jaga jodohmu sepenuh hati dan selamat menempuh hidup baru.
  • Semoga pernikahan ini seperti slogan para TNI, dimana ia akan setia sampai akhir. Selamat berbahagia.

5. Ucapan Menikah Dari Lirik Lagu

Biasanya lirik lagu banyak tersusun dari kata-kata puisi nan romantic. Ini bisa menjadi referensi bagi pembaca untuk menemukan ucapan selamat menikah untuk teman ataupun kerabat. Lagu merupakan ungkapan hati yang dituangkan dalam lirik lagu. Beberapa contoh lagu yang mengandung makna pernikahan :

  • Pasha yang berjudul “Hari Bahagia” bisa menjadi referensi bagi pasangan yang ingin mengungkapkan rasa bahagianya karena bersanding dengan pasangan pilihannya.
  • “Beautiful In White”, dimana dalam lagu ini, seorang laki-laki mengungkapkan bahagia hatinya melihat pasangan pengantinnya menggunakan baju pernikahan.
  • “Marry You”, lagu ini adalah ungkapan seorang laki-laki yang ingin melamar wanitanya untuk menjadi perempuan satu-satinya yang ia punya.
  • “Akad”, lagu ini dibawakan oleh band dari Indonesia bernama Payung Teduh, dalam lirik “Betapa bahagianya hatiku saat ku duduk berdua denganmu, berjalan bersamamu, menarilah denganku.” Ini bisa menjadi referensi untuk mengungkapkan ucapan selamat menikah, entah itu untuk pasangan sendiri ataupun untuk sahabat.
  • “Melamarmu”, lagu ini bercerita tentang laki-laki yang juga tengah mengumpulkan niat untuk melamar sang pujaan hati. Masih banyak lagu wedding yang lain yang bisa didengar sebelum menuliskan ungkapan selamat menikah, pembaca bisa mendengar lagu tersebut untuk mendapatkan inspirasi kata romantic.

Baca Juga: Ucapan Waisak

6. Ucapan Menikah Dalam Bahasa Inggris

Mengucapkan selamat menikah kepada kawan dalam bahasa inggris juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa menjadi moodbooster, ungkapan ini terdengar lebih kekinian, nah dibawah ini beberapa ungkapan dalam bahasa inggris :

  • Congratulation! Warm wishes to both of your wedding day ( Selamat, dan harapan indah untuk kalian berdua dihari pernikahan ini)
  • Congratulation sister, I’m so happy you’re getting married today. Wishing you happy always ( Selamat saudara perempuanku! Aku bahagia akhirnya kamu menikah hari ini. Semoga kamu bahagia selalu )
  • Marriage is a beautiful time because finally two souls are unity. Wishing you have happy married life ( Pernikahan adalah waktu yang indah karena akhirnya dua jiwa menyatu. Semoga saja Anda memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia.
  • The day you loved each other. My big wishes you always feel as close as you do this day ( Hari ini adalah hari kalian saling mencintai. Doa terbesarku semoga selamanya kalian selalu merasa sedekat seperti hari ini.

7. Ucapan Menikah Singkat, Tapi Penuh Makna

Sejatinya pernikahan mungkin adalah fase yang akan dilewati oleh setiap orang. Setiap orang berbeda dalam memaknai sebuah pernikahan, dan terkadang sebagai teman sebaya, tentunya memberi ucapan kepada teman yang menikah adalah hal wajib. Nah ucapan menikah singkat, tapi penuh makna dibawah ini bisa jadi referensi :

  • Selamat berbahagia! Kebahagiaan akan terus bertambah jika disyukuri.
  • Selamat membuka lembaran baru, tetaplah saling menjadi rumah yang nyaman untuk pulang.
  • Sejatinya kebahagiaan dalam kehidupan pernikahan tidak akan hilang meski harus dikuras setiap harinya.
  • Selamat berlayar dalam lautan kebahagian, jadilah nahkoda yang tau dimana kapalnya harus melaju.
  • Selamat menikah, bahagia selalu sampai akhir hayat.

Ungkapan pernikahan diatas bisa menjadi ucapan menikah yang menyentuh, unik dan indah terlebih lagi yang mengucapkan merupakan orang yang mengetahui bagaimana hubungan ini bisa sampai pada jenjang pernikahan. Sejatinya menikah ada pilihan hidup dan akan terus bersama seumur hidup. Jadi, pilihlah dia yang mampu menerima lebih dan kurangnya fisik.

Itulah beberapa contoh ucapan selamat menikah yang bisa diucapkan kepada yang tengah berbahagia. Semoga artikel ini mampu menjadi referensi bagi pembaca dalam menemukan ungkapan yang pas untuk ikut dalam eforia pernikahan kedua mempelai. Semoga pembaca yang telah melewati masa pernikahan terus bahagia dan bagi yang belum semoga secepatnya dipertemukan dengan jodohnya.

Ucapan Selamat Menikah

Tinggalkan Balasan